SAR Kendari Berikan Pelatihan Penanganan Korban Kecelakaan

0

SUARAKENDARI.COM, Kantor SAR Kendari memberikan pelatihan kepada puluhan elemen masyarakat terkait penanganan kepada korban kecelakaan yang terjadi di perairan.

Pelatihan tersebut akan berlangsung selama tiga hari, hingga 8 November mendatang. Pelatihanan penanganan terhadap korban kecelakaan yang terjadi di perairan dilakukan pembekalan teori kemudian praktek lapangan.

Kepala SAR Kendari selaku Ketua Panitia, Amiruddin mengatakan bahwa dalam pelatihan tahun ini jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 60 orang yang terdiri dari TNI/POLRI, Pemerintahan, Pecinta Alam, Karang Taruna, dan Mahasiswa.

“Selain pembekalan terhadap anggota SAR sendiri, kami juga setiap tahunnya melakukan pelatihan kepada masyarakat agar ketika ada bencana tiba-tiba khususnya di perairan sudah tahu bagaimana cara mengatasi atau menolong korban,” kata Amiruddin, Jumat (6/11/2015).

Menurutnya, dengan pelatihan yang dilakukan selama tiga hari tersebut diharapkan agar masyarakat kedepannya juga bisa bekerja sama dengan SAR dan tahu bagaimana cara untuk melakukan penyelematan.

“Teorinya kami berikan di Swis-belHotel, prakteknya kami lakukan di Pantai Nambo, sehingga paham secara teori dan tahu mengaplikasikan di lapangan,” ujarnya.

Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Basarnas Pusat, Marsekal Madya TNI F. Henry Bambang Soelistyo. Dalam sambutannya ia menuturkan bahwa pertolongan terhadap korban kecelakaan baik di peraiaran maupun di darat diperlukkan tehnik khusus untuk bisa mengatasinya. Namun, hal tersebut tidak mutlak hanya menjadi tanggung jawab penuh anggota SAR.

“Kami sadar tugas SAR itu berat, tidak hanya SAR saja yang berpotensi melakukan penyelematan, tetapi semua masyarakat yang sudah mendapatkan pelatihan seperti ini juga bisa berpartisipasi,” katanya.

Ia berharap melalui kegiatan pelatihan yang berlangsung selama tiga hari itu dapat diikuti dengan baik dan dapat memberikan hasil agar seluruh peserta bisa memiliki kemampuan untuk melakukan penyelamatan secara maksimal. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.