Saat Sampah Plastik Jadi Masalah Serius Pariwisata Bokori

0

Suarakendari.com- Minimnya kesadaran pengunjung wisata dalam menjaga kebersihan di lokasi wisata, jadi musuh utama kemajuan pariwisata di Sulawesi Tenggara. Hal ini terlihat di sejumlah area wisata andalan Sulawesi Tenggara, tak terkecuali destinasi wisata andalan Pulau Bokori.

Keindahan Bokori terusik dengan banyaknya sampah berserakan di setiap sudut area wisata ini, terutama di area pembuangan sampah yang berada di sekitar vila di sisi timur Bokori. Keberadaan sampah juga telah merusak habitat hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar lokasi. Sampah yang menumpuk dominan adalah sampah plastik, seperti kemasan plastik air mineral dan sampah kemasan makanan berbahan streofoam yang terkenal berbahaya untuk kesehatan.

Kurangnya kesadaran pengunjung memang patut disayangkan, sebab, pihak pengelola sudah memasang tanda peringatan berupa papan pengumuman di lokasi wisata agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan. Pengelola dalam hal ini Dinas Pariwisata Provinsi sudah juga menyediakan tempat sampah yang disebar hampir di setiap sudut area wisata bokori.

Kondisi ini tentu saja sangat disayangkan, di tengah gencarnya promosi tempat wisata Bokori beberapa tahun belakangan. Kondisi ini dikuatirkan akan berdampak buruk bagi pariwisata Bokori di masa depan. “Promosi pariwisata Bokorimemang sangat gencar, tapi ini tak diiringi dengan kesadaran pengunjung soal sampah di lokasi wisata, akan berdampak buruk bagi pariwisata Bokori di masa depan,”kata Maman, pemerhati Pariwisata di Sultra. Untuk itu diperlukan solusi mengatasi masalah masalah persampahan di area wisata khususnya di Pulau Bokori. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.