Ruruhi Project Jajaki Potensi Pariwisata Batu Jaya

0


Suarakendari-Setelah berhasil mendorong Desa Namu menjadi desa wisata, Komunitas kreatif Ruruhi Project kembali melirik lokasi baru untuk dikembangkan menjadi area pariwisata berbasis masyarakat di Kabupatan Konawe Selatan. Kali ini para tim kreatif Ruruhi Project menjajaki potensi pariwisata di Desa Batu Jaya, yang merupakan desa pesisir di Kecamatam Laonti dan masih bertetangga dengan Desa Namu.

Bagi Komunitas Ruruhi Project desa Batu Jaya juga kaya potensi wisata alam. Seperti halnya Desa Wisata Namu, potensi di Desa Batu Jaya dianggap memiliki banyak keunikan selain alam bawah laut dan pantai yang berpasir putih, Batu Jaya memiliki potensi taman sikas pantai, sumber air panas dan pemantauan habitat anoa.

Desa yang diklaim masuk dalam wilayah konsesi pertambangan ini sebenarnya sangat cocok dikembangkan menjadi area pariwisata keluarga. “Ini desa yang indah, punya potensi pariwisata yang bisa dikemas menjadi lebih menarik lagi,”kata Isna Gunfa, amggota Ruruhi Project.

Dosen di salah satu perguruan tinggi ternama di Kendari ini mengaku, telah melihat langsung obyek-obyek wisata di desa tersebut. “Saya dan beberapa teman-teman Ruruhi sudah melihat langsung dan Saya kira tinggal dipoles saja. Butuh beberaoa pembenahan di beberapa tempat. Kami berharap pemerintah dan masyarakat desa Batu Jaya bisa bahu membahu berkeja sama membangun pariwisata di desanya.seperti yang dilakukan masyarakat Desa Namu,”katanya.

Ruruhi Project sendiri telah mempersiapkan sejumlah konsep program kerja berbasis sosial untuk Desa Batu Jaya dan telah membangun komunikasi dengan pemerintah desa setempat untuk mendorong secara bersama terwujudnya pariwisata di Batu Jaya. (YOS)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.