Tips & Trik

Waktu Terbaik Mencapai Puncak Gunung

×

Waktu Terbaik Mencapai Puncak Gunung

Sebarkan artikel ini

Indonesia yang berada di wilayah tropis dan memiliki dua musim membuat pendakian dimungkinkan dapat dilakukan kapanpun, kecuali ditutup oleh pengelola kawasan pendakian karena berbagai pertimbangan, seperti sedang terjadi badai hujan/angin, kebakaran hutan, longsor, dan lain sebagainya. Tetapi, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui untuk menentukan kapan waktu terbaik mencapai puncak, berikut tips dari  Bia_wak adventure  :

1. Pertimbangkan tingkat kerumitan gunungnya. Gunung-gunung yang menjadi objek wisata umum memiliki tingkat kerumitan rendah, cenderung lebih leluasa dalam memilih waktu untuk mencapai puncaknya dan aman dikunjungi kapanpun, bahkan kendaraan pun dapat berada di samping tenda tergantung aturan pengelola kawasan tersebut. Berbeda dengan gunung-gunung yang memiliki tingkat kerumitan tinggi biasanya mempunyai aturan-aturan tertentu yang cenderung ketat untuk dapat mencapai puncaknya.

2. Kenali puncaknya apakah wilayah/medan terbuka atau tertutup vegetasi. Untuk puncak terbuka idealnya saat mencapai puncak dilakukan pagi hari (menjelang subuh) seperti Gunung Marapi untuk menghindari panas matahari menyengat, kecenderungan turun hujan di siang hari, atau badai angin kencang di puncak. Beberapa gunung dapat mencapai puncak di sore hari setelah panas matahari turun bahkan malam hari seperti yang dilakukan di Gunung Marapi. Sedangkan, untuk puncak gunung tertutup atau terlindung vegetasi kecenderungan kapanpun bisa dilakukan bahkan di beberapa gunung pengelola gunung mengijinkan/memungkinkan untuk menginap di puncaknya.

3. Cermati cuacanya, baik musim kemarau, musim penghujan atau musim peralihan karena semuanya memiliki keuntungan dan kerugian. Gunung-gunung tertentu memiliki waktu terbaik untuk mencapai puncaknya sehingga menuntut kita untuk tepat waktu berada atau tiba di puncaknya. Oleh karena itu, gali informasi dari berbagai sumber sebagai bahan referensi kita.

4. Tentukan tujuan di puncak, apakah hanya sekedar selfie mengejar momen sunset atau sunrise, berkemah di puncak atau lainnya.

Selalu persiapkan segalanya ya..

#Bia_AwakAdventure #Bia_AwakTropicalAdventure #Hiking #PendakiGunung #Bia_AwakAdventureServiceTeam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *