Peristiwa

Wakasal Tinjau Kampung Bahari Nusantara Lanal Kendari di Moramo Konsel

×

Wakasal Tinjau Kampung Bahari Nusantara Lanal Kendari di Moramo Konsel

Sebarkan artikel ini

Konsel, suarakendari.com- Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono meninjau Kampung Bahari Nusantara (KBN) Lanal Kendari

Peninjauan Kampung Bahari Nusantara Lanal Kendari, berlokasi di Desa Ranooha Raya, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), pada Rabu (14/12/2022).

Wakasal, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, mengatakan, Desa Ranoha Raya merupakan salah satu dari 68 Kampung Bahari Nusantara yang ada di Indonesia, dimana sejak awal terbentuk 2020 lalu, jumlahnya hanya 21 dan terus berkembang.

‘Saya berharap agar Desa Ranoha Raya, menjadi salah satu desa percontohan terbentuknya Kampung Bahari Nusantara (KBN), yang ada di Sultra,” ucapnya.

Wakasal menambahkan, salah satu tugas TNI AL adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut di wilayah kerjanya, antara lain membangun Kampung Bahari Nusantara (KBN) dengan mewujudkan 5 klaster yaitu klaster pendidikan, klaster perekonomian,klaster kesehatan, klaster pertahanan,dan klaster pariwisata.

“Ini merupakan upaya kita untuk mendukung upaya Pemerintah Pusat dalam membangun negara melalui wilayah pesisir,” kata Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Lebih lanjut Wakasal, menuturkan, Program Kampung Bahari Nusantara (KBN) tersebut merupakan program unggulan Kasal dalam rangka membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI bersama rakyat untuk kepentingan negara.

Kampung Bahari Nusantara bertujuan untuk mensukseskan program ketahanan pangan pemerintah dan mengimplementasikan kegiatan pembinaan kepada masyarakat yang berkaitan dengan potensi Maritim.

“Dengan diresmikannya Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Ranooha Raya, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam upaya mensejahterakan masyarakat terutama masyarakat pesisir,” imbuh Wakasal.

Acara peninjauan ini dirangkaikan dengan Pemberian Bantuan 200 paket, Pemberian Bantuan Sumur Bor, Pemberian Bantuan Mobil perpustakaan Keliling, Pemberian Bantuan Laptop serta Peninjauan UMKM.

Pada kegiatan tersebut, peninjauan diikuti oleh 68 wilayah KBN yang tersebar di seluruh Indonesia, secara vicon. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *