Peristiwa

Tiga Universitas di Sultra Keciprat Dana Beasiswa Bagi Program Sarjana dari Dikbud

×

Tiga Universitas di Sultra Keciprat Dana Beasiswa Bagi Program Sarjana dari Dikbud

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra menyiapkan beasiswa bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa program sarjana tiga perguruan tinggi di Sultra yakni, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

Wujudkan program tersebut, diawali dengan penandatanganan kerjasama antara Dikbud Sultra dengan masing-masing perguruan tinggi. Dimana, untuk penandatanganan kerjasama pertama telah dilakukan oleh Kadis Dikbud Sultra, Yusmin dan Rektor USN Kolaka, Nur Ihsan, bertempat di Aula Kantor Dikbud Sultra, pada Jumat (15/12/2023) malam.

Kepala Dikbud Sultra, Yusmin mengatakan bantuan pendidikan atau beasiswa tersebut merupakan program dari Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto.

“Jadi kita (Dikbud Sultra) dianggarkan programnya beliau, untuk tiga universitas negeri yang ada di Sultra,” terang Yusmin usai penandatanganan kerjasama.

Dikatakan, untuk penerima bantuan pendidikan akan ditentukan oleh masing-masing universitas, guna menghindari data yang tidak valid. Nantinya, masing-masing penerima beasiswa akan menerima bantuan Rp7,5 juta.

“Setiap universitas itu, USN Kolaka 55 orang, IAIN Kendari 55 orang dan UHO Kendari 57 orang. Jadi selesai penanganan ini akan langsung diproses dan disalurkan dalam waktu dekat ini,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor USN Kolaka Nur Ihsan menyampaikan bahwa bantuan pendidikan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa USN Kolaka.

“Banyak mahasiswa kita yang kadang-kadang tidak sanggup atau tidak mampu melanjutkan (kuliah) karena alasan keterbatasan (biaya). Ini sesuatu yang Insya Allah akan sangat bermanfaat,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, nantinya beasiswa tersebut akan diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat, yaitu untuk mahasiswa yang berprestasi sebagai bentuk penghargaan dan kepada mahasiswa kurang mampu dan belum menerima beasiswa dari manapun.

“Jadi ada dua kriteria yang kita gunakan nanti sebagai syarat untuk penerimaan beasiswa,” tandasnya. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *