Historia

Simbol Kalosara di Gerbang Perbatasan Kendari-Konsel, Khas Budaya Tolaki

×

Simbol Kalosara di Gerbang Perbatasan Kendari-Konsel, Khas Budaya Tolaki

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com-Bupati Konawe Selatan H Surunuddin Dangga ST MM melakukan peletakan batu pertama pada pekerjaan pembangunan pintu gerbang batas Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan. Ia bersama Gubernur Sulawesi Tenggara H Ali Mazi SH dan Pj Walikota Kendari Asmawa Tosepu, Kamis (13/7/2023)

Gerbang yang menelan anggaran -/+ Rp950 juta dari APBD Pemkot Kendari ini terletak di perbatasan Kecamatan Ranomeeto (Konsel) dan Kecamatan Baruga (Kendari).

Gapura batas kota menggusung konsep desain modern, minimalis dan berkearifan lokal. Dengan Kalosara sebagai central of point yang desainnya terinspirasi Rumah Adat suku Tolaki “Laikambuu”. Ditargetkan Oktober mendatang rampung pembangunannya.

Gubernur Ali Mazi membuka kegiatan memberikan apresiasi kepada Pemkot Kendari atas inisiasinya membangun pintu gerbang baru batas Kota Kendari – Kabupaten konsel yang tentunya memiliki kontribusi positif didukung bangunan yang kokoh dan desain yang lebih kekinian serta tidak meninggalkan nilai-nilai kearifan lokal bagi ciri khas daerah.

“Bangga dengan Pj Walikota Asmawa Tosepu yang menata wajah kota Lulo untuk lebih memiliki daya tarik sebagaimana layaknya Ibu Kota Provinsi Sultra. Apalagi desainnya simbol Kalosara sebagai khas budaya yang harus dipertahankan dan junjung tinggi bersama seluruh masyarakat sulawesi tenggara,”tutur Ali Mazi.

Bupati Surunuddin yang dijuluki Bapak Pembangunan Konsel ini berharap semoga pendirian gerbang batas kota Kendari dan Konsel ini dapat menjadi langkah maju bagi kedua wilayah menjadi daerah maju dan sejahtera.

Konawe Selatan sebagai penghubung utama ke Ibu Kota Provinsi berperan penting bagi kemajuan Kota Kendari dan sekitarnya, terang Bupati Surunuddin, sehingga gapura batas Konsel – Kota wajib dibangun karena jalur utama transportasi dan aktifitas masyarakat.”Tentu bagunannya harus didesain lebih modern dan indah dipandang karena merupakan kesan pertama ketika memasuki kedua wilayah,”timpal mantan Ketua DPRD Konsel ini. (Prokompim konsel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *