Peristiwa

Satreskrim Polresta Kendari Gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Penyidik Dalam Menghadapi Pemilu 2024

×

Satreskrim Polresta Kendari Gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Penyidik Dalam Menghadapi Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

 

Kendari suarakendari.com – Kepolisian Resort Kota Kendari (Polresta Kendari) menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Penyidik Dalam Menghadapi Pemilu 2024, yang di laksanakan di Aula Wira Pratama Polresta Kendari, pada Kamis (24/8/2023).

Selain menggelar Pelatihan, juga di lanjutkan dengan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Reserse , yang diikuti 105 personil se jajaran Polresta Kendari.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muh Eka Fathurrahman, dalam pembukaannya, mengatakan, Pelatihan itu ditujukan meningkatkan kemampuan penyelidik dan penyidik dalam menangani tindak pidana pemilu.

“Walaupun telah ada penyidik Sentra Gakkumdu, namun pihaknya juga menginginkan seluruh personil reserse mengetahui tentang tekhnik dan taktik penyidikan Tindak Pidana Pemilu,” kata Kombes Pol Muh Eka Fathurrahman.

Lebih lanjut Kapolresta menerangkan, kegiatan itu merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2023 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Bawaslu Nomor 3 Tahun 2023 tengan Sentra Gakkumdu, yang memerintahkan penyelidik dan penyidik tindak pidana pemilu mengikuti pelatihan khusus.

“Pemilu adalah upaya para kontestan untuk memperoleh suara sebanyak-banyaknya dengan cara legal. Namun kenyataannya masih ditemukan perbuatan yang melanggar hukum dan hal-hal yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Oleh karena itu, Kapolresta Kendari menekankan bahwa pengaturan yang jelas, tidak multitafsir, serta kemampuan penegak hukum yang memadai akan menjamin tercapainya tujuan hukum. Dengan begitu, mampu menciptakan pemilu yang demokratis. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *