JelajahPariwisata

Pulau Hari Surga Para Penyelam

×

Pulau Hari Surga Para Penyelam

Sebarkan artikel ini

Permukaan air yang jernih membuat para pengunjung bisa memandang dengan jelas gugusan karang besar dan kecil yang terdapat di dasar laut. Selain itu, Pulau dengan  hamparan pasir putih yang bersih diberinama Pulau Hari, sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang yang terletak di bagian timur kota Kendari Sulawesi Tenggara. Pulau yang masuk dalm administrasi kepariwisataan kabupaten konawe selatan ini terkenal dengan keindahan panorama alamnya yang masih alami.

spot diving di pulau hari. foto: Fior

Disini Anda bisa menyaksikan hutan-hutan kecil yang masih alami, sebab pulau ini belum ada sentuhan bangunan modern ataupun bangunan tradisional sama sekali. Disekeliling pulau ini, terdapat beberapa spot atau titik penyelaman, khusus bagi para wisatan pengemar wisata atau olah raga selam atau para diver.

Pulau Hari merupakan salah satu solusi bagi Anda yang butuh ketenangan dan tantangan alam bahari nan natural. Untuk menjangkaunya tak sulit. Dari kota Kendari, Anda bisa menempuh perjalanan laut menggunakan perahu atau speed boat selama kurang lebih ,5 jam.

Pemandangan pantai yang berpadu secara alami dengan garis-garis kebiruan  air alut merupakan tantangan bagi pecinta fotografi untuk mengabadikan keindahan alam pualu ini.

panorama pantai dengan pasir putih di pulau hari. foto: Fior

Sedangkan untuk pengunjung yang hobi dengan diving atau snorkeling, pada kedalaman tujuh hingga delapan meter, beningnya air membuat mata telanjang pun mampu menembus pemandangan taman laut dengan warna-warna yang cantik dan menawan. Terdapat 15 site diving di pulau ini.

Di sekitar site diving, sejumlah ikan yang cantik akan menemani Anda berenang. Beberapa clown fish lucu yang mirip dengan Nemo, banyak dijumpai disini. Adapun jenis ikan Angel. Beberapa jenis ikan yang masuk dalam kategori hampir punah ada di sini, di antaranya ikan Sunu, Kerapu, Sotong, Gurita, Lobster, dan bila beruntung, pengunjung bisa melihat atraksi penyu.

Binatang laut yang tak kalah menarik adalah Kelinci Laut atau biasa dikenal Nudibranch dan Electrik Clamp, bentuknya adalah kerang laut yang mengeluarkan cahaya pada malam hari. Hewan ini bisa dijumpai pada kedalaman enam hingga delapan meter.

Saat ini, ada dua club diving lokal yang setiap hari sabtu hingga minggu intens mengeksporasi tantangan di pulau ini. Sedang untuk wisatawan nasional dan internasional , hampir disetiap tahun pasti ada yang berkunjung.

Akses munuju pulu har, dari kota Kendari, hany membutuhkan waktu satu jam dengan menggunakan boat yang  banyak terdapat di pelabuhan Beringin, dengan menggunkan boat yang banyak di pelabuhan Beringin, kompleks Pasar Sentral Kota Lama, Kendari. Bila sore hari, sepanjang perjalanan pegunungan akan disuguhi pemandangan bawah laut pada kedalam 10-15 meter. Tapi bila Anda melakukan perjalanan pada siang hari, pemandangan bawah lautnya dapat dinikmati hingga kedalaman 30 meter. SK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!