Peristiwa

Polda Sultra Gelar Operasi Bina Kusuma Anoa 2023 dengan Sasaran untuk Meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

×

Polda Sultra Gelar Operasi Bina Kusuma Anoa 2023 dengan Sasaran untuk Meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com – Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Operasi Bina Kusuma Anoa 2023, yang akan berlangsung selama 10 hari, mulai dari tanggal 21 Juni hingga 1 Juli 2023. Operasi itu dipimpin Dirbinmas Polda Sultra, Kombes Pol Darmawan Affandi, yang didampingi oleh Kabagbin Opsnal Dit Binmas Polda Sultra, AKBP Selam, pada Rabu (21/6/2023).

Tujuan utama dari Operasi Bina Kusuma Anoa 2023 adalah untuk meningkatkan daya cegah dan daya tangkal masyarakat terhadap kenalan remaja, kejahatan jalanan, dan premanisme.

“Operasi Bina Kusuma ini bertujuan untuk meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polda Sultra.” Kata Kombes Pol Darmawan.

Operasi itu direspon Polda Sultra sebagai langkah preventif menghadapi maraknya tindakan premanisme, pencurian, kejahatan, dan penyakit masyarakat, terutama di wilayah hukum Polda Sultra.

“Hal ini disebabkan kondisi ekonomi masyarakat yang tidak mampu merasakan kesejahteraan seperti masyarakat lainnya, sebagian besar karena kurangnya pekerjaan, tingkat pengangguran yang tinggi, dan kurangnya keterampilan yang memadai,” ujar Mantan Kapolres Kolaka Utara itu.

Dalam pelaksanaannya, jajaran Polda Sultra dituntut untuk memantapkan keterpaduan fungsi operasional antar Satuan Tugas Operasi serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang didasarkan pada penguasaan taktik dan teknis kepolisian. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi sejak dini berbagai potensi kerawanan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Operasi Bina Kusuma Anoa 2023 diharapkan dapat menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polda Sultra. Polisi akan melibatkan diri secara aktif dalam menjalankan tugas preventif dan repressif, serta mengedepankan kolaborasi dan kerjasama dengan masyarakat untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis, Polri berharap melalui Operasi Bina Kusuma Anoa 2023 ini, masyarakat Sultra dapat merasakan peningkatan keamanan, serta mampu mengatasi dan mencegah berbagai bentuk tindak kejahatan dan kerawanan sosial yang dapat mengganggu ketertiban dan kesejahteraan masyarakat. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!