Peristiwa

Pj Wali Kota Kendari Berganti, Apa Alasannya?

×

Pj Wali Kota Kendari Berganti, Apa Alasannya?

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com-Sebuah pergulatan politik tampaknya telah memaksa Asmawa Tosepu, Pj Wali Kota Kendari, untuk menyudahi masa jabatannya lebih cepat dari yang diperkirakan. Dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh seluruh ASN yang ada di Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengumpulkan mereka untuk berpamitan pada Rabu pagi. Dalam kontradiksi dengan kebijakan sebelumnya, Asmawa Tosepu mengumumkan rencananya untuk segera mundur dari posisinya sebagai Pj Wali Kota Kendari.

Meskipun ini tidak diharapkan, pemberhentian Pj Wali Kota Kendari ini datang sebagai kabar yang mengejutkan karena masa jabatannya baru saja diperpanjang pada 9 Oktober 2023 lalu. Asmawa Tosepu, dalam apel gabungan yang digelar di Lapangan Kantor Balaikota Kendari pada pukul 07.20 WITA, meminta maaf untuk kesalahan yang mungkin pernah dia lakukan selama masa jabatannya.

Sementara itu, ratusan ASN yang hadir menyaksikan upacara tersebut di Kantor Balaikota Kendari, sangat terpukul dengan desas-desus pemberhentian tersebut. Bahkan Sekda Kendari, Ridwansyah Taridala terlihat menangis.

Namun, apa yang membuat Asmawa Tosepu terpaksa meletakkan jabatannya sedini ini? Pengamat politik Sulawesi Tenggara, Eka Suaib, yang sebelumnya menilai kinerja Asmawa sukses menata Kota Kendari, merasa bingung dengan keputusan ini dan mempertanyakan alasannya. Kepada wartawan di Kendari Eka Suaib menjelaskan, tak ada alasan yang relevan untuk memberhentikan Asmawa dengan kinerjanya yang bagus. Eka Suaib menduga bahwa ada dua kemungkinan alasan pemberhentian Pj Wali Kota Kendari sudah bisa dipastikan, pertama untuk memindahkan Asmawa ke daerah yang membutuhkan penanganan pemimpin yang lebih baik di infrastruktur dan tata kota. Sedangkan kemungkinan kedua adalah pengaruh aspek politik.

Warga Kendari sekarang harus merenungkan perubahan kepemimpinan yang terjadi dan menyesuaikan diri dengan Pj Wali Kota Kendari yang baru, Muhammad Yusup. Ia akan dilantik oleh Pj Gubernur Andap Budhi Revianto di Ruang Pola Kantor Gubernur pada pagi hari yang sama.

Semoga saja Ahmad Yusuf mampu melanjutkan kebijakan yang positif yang sudah dilakukan Asmawa Tosepu dan membuat Kota Kendari semakin maju. Asmawa telah melakukan perubahan di berbagai sektor di Kota Kendari, mulai dari pembenahan infrastruktur, ketertiban masyarakat, hingga kinerja pemerintahan yang berjalan dengan baik. Mari berharap yang terbaik untuk Kota Kendari ke depannya. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *