Peristiwa

Pj Wali Kota Baubau Rapat Khusus Kondisi Terkini Jelang Idul Fitri

×

Pj Wali Kota Baubau Rapat Khusus Kondisi Terkini Jelang Idul Fitri

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, suarakendari.com-Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si memimpin rapat khusus membahas persiapan Idul Fitri melalui zoom meeting Minggu (7/4/2024) yang diikuti Pj Sekda Baubau, Asisten dan Staf Ahli, Kadis Perindag, Kadis Kominfo, Kadis DLH, Kadis Damkar dan Penyelamatan, Kadis Kesehatan, Kadis Pariwisata, Kepala Kesbang, seluruh Kabag Setda, Camat dan Lurah, Kepala Puskesmas dan Staf Khusus .

Beberapa pointer yang menjadi agenda pembahasan rapat yakni stabilitas ketersediaan pasokan pangan, kesiapan titik-titik sholat idul fitri, memastikan layanan publik seperti RSUD, Puskesmas, Kantor Pol PP, DLH antisipasi penanganan sampah selama libur dan cuti Idul Fitri serta Persiapan open House Idul Fitri di rujab.

Terkait masalah ketersediaan pasokan pangan, dalam penjelasannya melalui zoom meeting, Kadis Perindag H La Ode Ali Hasan, SE, M.Si mengakui, untuk ketersediaan stok pangan saat ini masih cukup dan aman. Hanya harganya mengalami kenaikan seperti cabai karena tingginya permintaan. Sedangkan untul beras, gula, bawang merah dan putih masih tetap. Bahkan, beras cenderung mengalami penurunan harga.

Namun, pihaknya sudah mengantisipasi dengan mendatangkan dari luar daerah seperti Poleang, Muna Lasalimu dan Makassar sehingga kebutuhan stok selalu ada.

Sedangkan untuk kesiapan titik-titik pelaksanaan Shalat Idul Fitri, Asisten III Setda Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si mengatakan, pelaksanaan sholat Idul Fitri dibagi menjadi per wilayah atau per kecamatan.

Di titik terbanyak yakni Kecamatan Wolio 33 titik dan untuk pusatnya terbesar di pantai kamali dan masjid raya Baubau. Kemudian, Kecamatan Kokalukuna 13 titik, Batupoaro 13 titik, Lea-Lea 6 titik, Bungi 8 titik, Betoambari 16 titik dan Kecamatan Sorawolio 6 titik. Sementara Kecamatan Murhum di stadion Betoambari.

Sementara itu, untuk pelayanan sampah pada hari lebaran yakni Rabu dan Kamis (10 dan 11 April), Menurut Kepala Dinas Lingkungna Hidup Halfia, akan tetap melakukan pelayanan persampahan yang terbatas dengan dua armada mobil sampah dari siang hari jam 12.00 wita sampai dengan jam 22.00 wita dilakukan di jalan-jalan protokol.

Selanjutnya untuk masyarakat yang di lorong agar membuah sampah pada kontainer sampah di jalan protokol dan melakukan pembatasan pembuangan sampah khususnya pada hari lebaran Rabu dan Kamis. Kemudian pengangkutan pelayanan persampahan akan normal kembali pada hari Jumat tanggal 12 April 2024

Ditempat yang sama, Kadis Kesehatan dr Lukman, SP.PD mengungkapkan, sudah mempersiapkan tim P3K yang berkoordinasi dengan pelabuhan dalam rangka angkutan laut lebaran. Sedangkan untuk Puskesmas yang non perawatan diakui libur pelayanan, tetapi khusus untuk pelayanan-pelayanan emergency ataupun pelayanan persalinan tetap dibuka. Demikian juga dengan Puskesmas yang perawatan ada 5 Puskesmas disiapkan standby 24 jam. Pihaknya juga menyediakan hotline atau layanan PSC untuk pelayanan respon cepat dengan nomor HP 0823246441212.

Menanggapi kesiapan beberapa OPD tersebut, Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si menegaskan, pastikan jaringan komunikasi itu update dan berbagai informasi harusnya update. Para Asisten memastikan dibidangnya informasi tersampaikan. Kemudian para Camat dan Lurah di willayahnya dan dalam dua hari pastikan akan bergerak untuk memastikan di lapangan agar bejalan dengan baik.

Ditegaskan Wali Kota, apa yang dibicarakan hari ini membutuhkan tindak lanjut tidak hanya selesai dalam diskusi harus ada implementasi di lapangan dan disiapakan serta dipastikan akan di cek.”Ini yang saya maksud bahwa kalau kita sudah bersepakat begini kita pastikan cek tidak nanti ada kemudian masalah baru kita mau cek. Sekali lagi cek apa yang sudah disepakati kemudian kita bisa memerintahkan tindak lanjut,”tegasnya.

PPID UTAMA BAUBAU

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *