Peristiwa

Pj Gubernur Silaturahmi dengan Pertuni Wilayah Sultra

×

Pj Gubernur Silaturahmi dengan Pertuni Wilayah Sultra

Sebarkan artikel ini

 

Kendari, suarakendari.com- Pejabat (Pj) Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto menggelar silaturahmi dengan para disabilitas dan Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) wilayah Sultra, pada Kamis (30/11/2023).

Pj Gubernur yang menjamu para disabilitas di ruang kerjanya mengatakan bila silaturahmi tersebut merupakan sebagai wadah dirinya untuk meminta masukan kepada masyarakat khususnya para penyandang disabilitas dalam menjalankan tugas dan amanah jabatan dengan sebaik-baiknya.

Dalam kesempatan itu, Pertuni wilayah Sultra menyampaikan sejumlah keluh kesahnya, mulai kurangnya lapangan kerja bagi para Tunanetra, hingga jaminan pendidikan untuk anak-anak mereka.

Menyahuti keluhan itu, Andap Budhi Revianto menjelaskan saat ini dalam aturan sesuai amanah Undang-Undang, Instansi Pemerintah wajib mengalokasikan paling sedikit 2 persen untuk penyandang disabilitas. Untuk perusahaan swasta 1 persen dari total alokasi kebutuhan karyawan perusahaan.

“Tapi untuk Sultra sendiri kita akan lihat apakah aturan terkait itu sudah dibuat dalam Pergub atau tidak. Kita sudah sampaikan ke Kepala Disnakertrans dan Instansi terkait lainya. Bila memang belum ada, maka kita akan buatkan Pergub untuk tunanetra dan para disabilitas. Kita akan buat secara khusus dan dibahas bersama DPRD,” kata Andap Budhi Revianto.

Dijelaskan, selain Pergub, pihaknya juga meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov untuk melihat mekanisme terkait penerimaan pekerja disabilitas, sama seperti yang telah ia laksanakan di Kemenkumham. Selain itu perhatikan para UMKM disabilitas di wilayah ini.

“Jadikan pertemuan hari ini, pertemuan yang bermanfaat. Apa harapan bapak akan saya kerjakan sesuai kemampuan saya,” ungkap Sekjen Kemenkumham RI itu.

Pada kesempatan itu Pj Gubernur juga mengintruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Yusmin untuk menindaklanjuti terkait pendidikan Anak-anak para penyandang Disabilitas Tunanetra.

Menanggapi hal tersebut Kadis Dikbud Sultra, Yusmin mengatakan pihaknya akan menjalankan instruksi tersebut.

“Kita juga menyediakan bantuan untuk pelajar SMA, SMK dan SLB melalui bantuan pendidikan kurang mampu, Sedangkan untuk perguruan tinggi kami juga telah menyiapkan Beasiswa,” katanya.

“Nah tadi saat bapak Gubernur sedang berdiskusi ada salah seorang yang menyampaikan bahwa anaknya saat ini sedang kuliah. Olehnya itu, sesuai dengan arahan pak Gubernur kami langsung melakukan beberapa langkah, yang jelas tahun ini anak bapak tadi tahun ini masuk. secara kolektif berarti di bulan ini sudah keluar (Beasiswanya) makannya kita verivikasi dengan baik,” tandas Yusmin.

Sementara itu, salah seorang anggota Pertuni, Basukino mengatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada Pj Gubernur Sultra yang telah menerima aspirasi mereka.

“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Bapak Pj Gubernur Bapak Andap Budhi Revianto, yang telah menerima dan berdiskusi kepada kami langsung di ruang kerja beliau,” katanya.

“Pak Gubernur juga telah memberikan semangat baru kepada kami, dengan langsung menindaklanjuti keluhan kami, Bahkan tadi ada salah satu teman kami yang berharap anaknya bisa mendapatkan beasiswa dan langsung di tanggapi oleh beliau secara nyata,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *