Peristiwa

Pj Gubernur Pimpin Apel Kesiapan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2024 di Sultra

×

Pj Gubernur Pimpin Apel Kesiapan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2024 di Sultra

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto memimpin Apel Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2024, bertempat di Kantor Gubernur Sultra, Senin (15/1/2024).

Apel kesiapan itu mengusung tema “Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”, dimana Pj Gubernur membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), yang esensinya mengajak untuk menggelorakan K3 guna menekan angka kecelakaan kerja.

“Tingkatkan pemahaman dan kesadaran penerapan norma ketenagakerjaan, membangun budaya K3. Insyaa Allah angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat kita eliminir yang pada akhirnya diharapkan mampu tingkatkan produktivitas kerja. Tenaga kerja juga dimasukan dalam SDGs _sustainable development goals_,” ujar Pj Gubernur.

Pj Gubernur selanjutnya menyampaikan 3 (tiga) atensi kepada Pengawas Ketenagakerjaan dan juga Pemberi Kerja (Pengusaha).

“Pertama, tingkatkanlah kesadaran keselamatan kerja bagi Pekerja, berikan pelatihan, sediakan alat pelindung diri sesuai SNI.

Kedua, tegakkan aturan sesuai regulasi yang ada.

Ketiga, rubah _mindset_ dan teknologi bekerja melalui proses pendataan yang valid dan digitalisasi,” tegasnya.

Ia menambahkan, “laksanakan tugas dengan profesional dan penuh rasa tanggung jawab, pahami serta implementasikan berbagai peraturan perundang-undangan terkait ketenagakerjaan dengan baik,” tambah Andap.

Andap juga membeberkan bahwa pada tahun 2023, angka pekerja yang wafat mengalami penurunan.

“Berdasarkan data Disnaker, tahun 2023 angka pekerja yang wafat mengalami penurunan menjadi 20 pekerja, dimana sebelumnya tahun 2021 sebanyak 21 pekerja, dan tahun 2022 sebanyak 25 pekerja. Kedepan saya harapkan dapat kita tekan bahkan zero accident,” ungkapnya.

Pada apel tersebut juga diserahkan penghargaan bagi 3 (tiga) perusahaan dengan angka kecelakaan nihil (_zero accident award_) dan bantuan kepada penerima ahli waris, yakni :
1. PT DSSP Power Kendari, telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 10.000.000 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja sejak September 2016 sampai dengan Desember 2023;

2. PT Putra Perkasa Abadi Site MLP, telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 7.500.000 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja sejak Januari 2021 sampai dengan Desember 2023;

3. PT Apollo Nickel Indonesia, telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 2.000.000 jam kerja orang tanpa kecelakaan.

“Penghargaan ini sebagai motivasi untuk perusahaan lainnya agar menerapkan K3 dengan baik sehingga dapat mencapai angka _zero accident_, ke depan diharapkan banyak perusahaan yang semakin banyak dapat meraih predikat ini,” tutup Andap. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *