PariwisataPeristiwa

Pj Bupati Bombana ke Amerika Serikat Bawa Misi Produk dan Budaya, Bukan Berlibur

×

Pj Bupati Bombana ke Amerika Serikat Bawa Misi Produk dan Budaya, Bukan Berlibur

Sebarkan artikel ini
Bersama dengan bupati Buteng, wakil ketua dekranasda Jawa Barat, dan Kadis Pariwisata, Pemuda dan olga Bombana di AS. Dokumentasi foto Pemkab Bombana

Bombana, suarakendari.com— Pemerintah Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra) membantah dan mengklarifikasi pemberitaan tentang Pj Bupati Ir H Burhanuddin dan istri yang dituding pelesiran ke Amerika Serikat (AS). Kunjungan ke AS itu mambawa misi produk dan budaya Bombana.

Atas pemberitaan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Bombana meluruskan bahwa kunjungan ke New York AS merupakan perjalanan dinas pemerintah dan Dekranasda Bombana untuk mengenalkan lebih luas kekayaan produk olahan kain dan motif khas Bombana ke dunia internasional.

Kunjungan ke New York AS itu adalah perjalanan dinas dengan misi pengenalan, pengembangan dan pemasaran produk lokal dan budaya Bombana yang makin diminati di luar negeri.

Dalam kunjungan itu, Pj Bupati mengikutkan Ketua Dekranasda Bombana yang juga Istri Pj Bupati Bombana, yaitu Ibu Hj Fatmawati Kasim Marewa, serta Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bombana Ibu Anisa Sri Prihatin.

Kunjungan itu juga merupakan permohonan dari Indonesian Fashion and Art Festival (IFAF) yang menjadi event partner New York Indonesia Fashion Week (NYIFW) dengan menggelar fashion show di AS.

Bupati Bombana saat beri sambutan di gala dinner welcom difasilitasi komjen RI. Dokumentasi foto: Pemkab Bombana

Pemerintah Kabupaten Bombana menilai permintaan IFAF untuk NYIFW itu adalah moment terbaik menjadikan kain olahan dan motif khas Bombana untuk goes internasional. Apalagi ada 12 motif kain olahan Bombana yang telah mendapatkan Hak Atas Kekayaan Intelektual dari Kemenkum RI.

Dengan pengembangan motif oleh Dekranasda Kabupaten Bombana yang menjadi kekayaan budaya daerah perlu dilestarikan, dikembangkan dan dipromosikan baik ditingkat, regional, nasional, maupun internasional.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bombana Sopian Baco, dalam klarifikasinya mengatakan, acara NYIFW itu juga dihadiri Dekranasda Jawa Barat dan Pemerintah-Dekranasda Buton Tengah.

“Jadi kunjungan ke AS bukanlah pelesiran, tapi melakukan misi promosi produk dan budaya Bombana. Ini yang kami harus luruskan agar masyarakat tidak salah dalam menerima informasi dari media sosial,” kata Sopian Baco dalam klarifikasi tertulisnya, Kamis (24/3/2023).

Dalam kunjungan itu, utusan pemerintah-Dekranasda Jawa Barat, Bombana, dan Buton Tengah diterima Konsulat Jenderal RI di New York Bpk Winanto Adi.

Dia juga mengatakan, bahwa kunjungan ke AS tersebut sudah diketahui dan mendapat persetujuan Gubernur Sulawesi Tanggara H Ali Mazi SH melalui surat rekomendasi ke Kementerian Dalam Negeri RI No 098/175 dan Surat Kemendagri No 185.2/1013e/SJ tanggal 30 Januari 2023.

“Pemberitaan yang menyebut Pj Bupati dan Istri pergi liburan ke Amerika Serikat adalah tidak benar. Dengan klarifikasi ini diharapkan tidak mengaburkan fakta sebenarnya, sehingga tidak terjadi lagi persepsi yang berbeda ditengah masyrakat di Kabupaten Bombana,” kata Kadis Kominfo Bombana Sopian Baco.

Dalam pemberitaan yang telah viral di berbagai media online itu, disebutkan bahwa istri Pj Bupati Bombana, Hj Fatmawati Kasim Marewa S.Sos kerap memamerkan gaya hidup hedonis. Misalnya memakai tas, sepatu dan gaun branded.

Terkait itu, Pj Bupati Bombana Ir H Burhanuddin melalui Tenaga Ahli Bupati Bidang Komunikasi Kebijakan Publik Syahrir Lantoni, SE langsung mengklarifikasi. Menurutnya, tas, sepatu, dan segala macam yang bermerek itu adalah asli tapi palsu.

Dikatakan, barang-barang itu adalah barang Kw 2 atau palsu. Beli di Mall Mangga Dua dengan harga Rp 1,5 sampai 2,5 juta. Sepatu, tas tangan yang dikenakan Pj Bupati yang diviralkan akun medsos itu semua beli di Mangga Dua.

“Sayang sekali informasi yang diviralkan adalah tidak benar. Sumber berita itu mengandung perilaku kebencian dengan membonceng momentum isu pamer harta yang saat ini jadi perhatian publik,” kata Syahrir Lantoni. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *