Ekonomi & Bisnis

Pentingnya Komunikasi Informasi dan Edukasi Keamanan Pangan

×

Pentingnya Komunikasi Informasi dan Edukasi Keamanan Pangan

Sebarkan artikel ini

Konsel, suarakendari.com- Dalam rangka mendukung pengembangan usaha rumah tangga atau Home Industri di Konawe Selatan (Konsel), Pemerintah Daerah Kabupaten Konsel melalui Dinas Kesehatan menggelar  bimbingan teknis untuk ratusan pelaku usaha di salah satu hotel ternama Kendari. Jum’at, 16 Desember 2022

Pertemuan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan tersebut dilakukan dengan melibatkan seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menrngah (UMKM) se-Konsel, sejumlah Kepala Desa dan TP PKK Tingkat Desa.

Hadir dalam kegiatan KIE itu, Kepala Dinas Kesehatan Konsel dr Boni Lambang, Ketua Kamar Dagang Indonesia Konsel Adi Jaya Putra, B.Bus,. M.Com dan sejumlah Kades serta Lurah.

Wakil Bupati Konsel Rasyid, S.Sos., M.Si saat membuka kegiatan menekankan kepada para  pelaku usaha agar memperhatikan kesehatan dan keamanan produk makanan sebelum melakukan pengemasan dan penjualan.

Kata Wabup Rasyid, produk dari UMKM sudah harus bisa memiliki kualitas eksport sehingga keterlibatan semua pihak akan menjadi daya dongkrak peningkatan ekonomi masyarakat.

“Sisi kualitas makanan itu tidak sekedar bicara enak rasanya tapi juga rupanya sehingga PKK, Disperindag dan KADIN Konsel bisa mengambil peran penting dalam hal ini,” jelas Rasyid, S.Sos., M.Si

Mantan anggota DPRD itu juga mencontohkan salah satu produk olahan pangan dari Mowila yang berbahan baku pisang telah mampu merambah pasar internasional dikarenakan produk yang dihasilkan dikemas sesuai standar.

Sementara itu, ketua Kadin Konsel Adi Jaya Putra, B.Bus., M.Com menjelaskan kegiatan itu dinilai konstruktif untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku bisnis Home Industri

“Kami dari KADIN membuka kerjasama dengan sejumlah pihak baik dari Indomart, Alfamidi, dan lainnya agar hasil UMKM bisa dipasarkan maksimal,” pungkasnya sembari berjalan menuju ke kendaraannya.

Naskah & Foto : Prokompim Konawe Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *