Bangun Negeri

Pemkot Gelar Konsultasi Publik I Penyusunan Dokumen RDTR Kawasan Strategis Terminal Baruga-Puuwatu Tahun 2023

×

Pemkot Gelar Konsultasi Publik I Penyusunan Dokumen RDTR Kawasan Strategis Terminal Baruga-Puuwatu Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com-Pembangunan dalam rangka perwujudan ruang yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan adalah sebuah perjuangan bagi tiap kota di Indonesia. Hal ini juga yang diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari Dr. Drs. Ridwansyah Taridala, M.Si ketika membuka secara resmi Konsultasi Publik I Penyusunan Dokumen Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Strategis Terminal Baruga-Puuwatu Tahun 2023 di Hotel Zahra Syariah Kendari, Senin (20/11).

Menurut Ridwansyah, pembangunan yang produktif dan berkelanjutan tidak dapat direalisasikan tanpa adanya pedoman operasional pemanfaatan ruang. Dokumen RDTR ini bertujuan untuk memandu masyarakat dalam pengisian ruang sedemikian rupa sehingga ruang yang dihasilkan dapat dimanfaatkan secara produktif dan berkelanjutan.

Ridwansyah juga menjelaskan bahwa dokumen RDTR ini berguna tidak hanya sebagai pedoman bagi masyarakat dalam pengisian ruang untuk kepentingan fisik maupun non-fisik kawasan, tetapi juga sebagai pedoman bagi instansi dalam pemberian perizinan sesuai dengan peruntukannya.

“Konsultasi Publik I Penyusunan Dokumen RDTR Kawasan Strategis Terminal Baruga-Puuwatu Tahun 2023 ini diperuntukkan bagi para pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses pembangunan di Kota Kendari. Melalui konsultasi publik ini, masyarakat, perusahaan, dan instansi pemerintah memiliki kesempatan untuk memberikan masukan dan saran atas penyusunan dokumen RDTR ini,”paparnya.

Keterlibatan masyarakat dalam proses pembangunan sangat penting demi mencapai hasil yang terbaik dan memberikan manfaat bagi semuanya. Oleh karena itu, diharapkan para pemangku kepentingan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan masukan yang konstruktif agar dokumen RDTR ini dapat memiliki groundbreaking dalam penerapan tata ruang yang lebih baik bagi Kota Kendari di masa yang akan datang.

Dalam upayanya untuk mencapai pedoman operasional pemanfaatan ruang secara produktif dan berkelanjutan, Kota Kendari telah mengambil langkah yang tepat dengan melakukan konsultasi publik. Dengan adanya dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, diharapkan Kota Kendari dapat mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan serta membangun ruang-ruang yang aman, nyaman, dan produktif untuk kesejahteraan masyarakat Kota Kendari. SK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *