Peristiwa

Pemkab Gelar Program Dashat di Kampung KB Poli-Polia

×

Pemkab Gelar Program Dashat di Kampung KB Poli-Polia

Sebarkan artikel ini

Kolaka Timur, suarakendari com-Program Dashat atau Dapur Sehat dalam rangka mengatasi stunting, sukses dilaksanakan di Desa Hakambololi, Kecamatan Poli-Polia yang bertempat di Kantor Kepala Desa Hakambololi, Selasa (14/11/2023). Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi masalah stunting di Indonesia.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis pada masa awal kehidupan. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan dan perkembangan, seperti kemampuan kognitif yang berkurang dan daya tahan tubuh yang rendah. Oleh karena itu, upaya untuk mencegah dan menangani stunting sangat penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Koltim Badwi SPd, menjelaskan, bahwa, selain 24 desa yang sudah disasar, pihaknya juga menargetkan kampung keluarga berencana dengan memberikan makanan bagi 10 orang yang memiliki risiko stunting. Program Dashat ini juga dipantau oleh seluruh petugas gizi yang ada di 13 puskesmas di Koltim.

Program Dashat sendiri adalah program dapur sehat yang bertujuan untuk memberikan panganan bergizi bagi anak-anak usia di bawah 5 tahun agar terhindar dari stunting dan masalah gizi lainnya. Program ini tidak hanya memberikan makanan bergizi, tetapi juga memberikan edukasi tentang pentingnya gizi dan kesehatan serta aktivitas fisik bagi anak dan keluarga.

Kegiatan di Desa Hakambololi, Kecamatan Poli-Polia meliputi pemberian makanan bergizi dengan bahan-bahan sehat seperti sayuran dan buah-buahan segar. Selain memberikan makanan, kegiatan ini juga menjelaskan pentingnya asupan gizi bagi anak dan memberikan edukasi tentang cara memasak yang sehat.

“Diharapkan dengan dilaksanakannya program Dashat ini, angka stunting di Indonesia dapat ditekan dan anak-anak Indonesia dapat tumbuh kembang dengan baik dan sehat. Program ini juga merupakan bentuk peran aktif pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak Indonesia,”harapnya. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *