Bangun Negeri

Pembangunan Rampung, Jembatan Alaha Segera Difungsikan

×

Pembangunan Rampung, Jembatan Alaha Segera Difungsikan

Sebarkan artikel ini

Kolaka Timur, suarakendari.com-Setelah satu tahun lamanya mengalami kerusakan, Jembatan Sungai Desa Alaaha Kecamatan Ueesi akhirnya akan segera dapat dilalui oleh seluruh kendaraan maupun pejalan kaki. Jembatan tersebut merupakan akses satu-satunya di daerah tersebut yang menghubungkan dari dan ke Alaaha yang terletak di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Pembangunan kembali jembatan ini dilakukan atas kerjasama antara Pemerintah Kecamatan Ueesi, Pemerintah Desa Alaaha, dan masyarakat setempat. Pemulihan jembatan tersebut juga mendapat perhatian dan bantuan dari Pemda (Pemerintah Daerah) Koltim melalui Bupati Kolaka Timur.

Camat Ueesi Husain S SPd memberikan pernyataan bahwa dia bersyukur jembatan ini akan kembali dibangun karena sudah satu tahun lamanya mengalami kerusakan. Terbangunnya kembali jembatan ini akan memudahkan pengguna jalan karena tidak lagi diharuskan melewati sungai yang arusnya terkadang kencang dan membahayakan.

Kerusakan jembatan tersebut telah berlangsung selama lebih dari satu tahun dan menyebabkan akses menuju desa tersebut menjadi terbatas. Kendaraan dan pejalan kaki tidak dapat melintasi jembatan yang rusak tersebut, sehingga harus melewati sungai yang arusnya tidak stabil. Situasi tersebut dapat membahayakan keselamatan para pengguna jalan yang melewatinya, terlebih jika cuaca buruk dan sungai menjadi lebih besar.

Sekarang, dengan dibangunnya kembali jembatan, akses ke Desa Alaaha yang dahulu terhambat sudah tidak ada lagi masalah. Masyarakat setempat, yang sebelumnya kesulitan dalam transportasi dan perginya ke pasar, sekarang dapat melakukannya dengan lebih mudah dan lebih cepat. Pengguna kendaraan dapat melintasi jembatan tanpa khawatir terkena bahaya akibat arus sungai yang kadang kencang dan membahayakan.

Hal ini juga akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat setempat yang biasa bepergian jauh untuk menjual hasil pertanian dan sekarang dapat mengangkut barang dagangan mereka lebih mudah tanpa takut terjebak di tengah jalan karena cuaca buruk atau arus sungai yang kuat. “Diharapkan pula dengan terhubungnya Desa Alaaha ke kota akan membuka peluang-peluang baru dalam sektor perekonomian daerah dan mempermudah mobilitas masyarakat setempat,”kata Husein. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *