Kilas Dunia

Pelari Kenya Kembali Cetak Rekor Dunia Maraton Baru

×

Pelari Kenya Kembali Cetak Rekor Dunia Maraton Baru

Sebarkan artikel ini

Eliud Kipchoge dari Kenya mencetak rekor dunia maraton baru dengan waktu 2:01:09 di Berlin Marathon pada hari Minggu, memecahkan rekor sebelumnya 2:01:39 yang ia buat di Berlin pada tahun 2018.

Ini adalah kemenangan ke-15 dari Kipchoge yang berusia 37 tahun, yang telah berpartisipasi dalam 17 maraton dalam karirnya. Dia menyelesaikan babak pertama pada 59:51 dan babak kedua pada 61:18. Rekan senegaranya Mark Korir menjadi runner-up setelah berlari 2:05:58 dalam balapan. Tadu Abate dari Ethiopia finis ketiga dengan waktu 2:06:28.

“Tidak ada batasan, setelah 38k saya tahu saya akan mampu memecahkan rekor dunia. Keadaannya bagus, dan begitu pula organisasi acaranya. Mari kita rencanakan (upaya sub-dua jam) untuk hari lain. Saya akan merayakannya rekor ini dan harus menyadari apa yang terjadi. Putar saja dan lihat apa yang terjadi,” kata Kipchoge.

Setelah memenangkan dua medali emas maraton Olimpiade, Kipchoge kemungkinan akan meraih yang ketiga di Olimpiade Paris pada 2024. Dia juga telah memenangkan empat dari enam jurusan maraton dunia – Tokyo, London, Berlin dan Chicago – hanya kehilangan Boston dan New York City .

Berlin menyaksikan semua momen sebelumnya ketika rekor dunia maraton putra dipecahkan. Paul Tergat dari Kenya melakukannya untuk pertama kalinya pada tahun 2003 ketika ia mematahkan 2:05. Kipchoge memecahkan rekor sebelumnya 2:01:39 pada tahun 2018 dan kemudian memecahkannya lagi pada hari Minggu.

Di nomor putri, Tigist Assefa dari Ethiopia memenangkan medali emas setelah menyelesaikan balapan di 2:15:37, yang merupakan penampilan terbaik ketiga dalam sejarah, di belakang 2:14:14 Brigid Kosgei dari Kenya dan 2:15:25 Paula Radcliffe dari Inggris. (Cgtn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *