Peristiwa

Optimis Vaksinasi Covid 19 Capai 70 Persen

×

Optimis Vaksinasi Covid 19 Capai 70 Persen

Sebarkan artikel ini

Bupati Konawe Selatan optimis hingga akhir tahun 2021 capaian vaksinasi di wilayah itu mencapai 70 persen. Hal ini disampaikan Surunuddin dihadapan  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Kendari.    Kata Surunuddin, meskipun secara keseluruhan masih diangka 50,64 persen capaian vaksinasi dosis pertama pertanggal 9 Desember 2021, namun Ia optimis bahwa akhir tahun 2021 bisa capai minimal pada angka 70 persen untuk vaksinasi dosis pertama.

Untuk memenuhi capaian target sasaran pada  310.000 jiwa jumlah penduduk konsel, maka sekitar 236.749 jiwa yang akan menjadi sasaran vaksinasi atau 165.724 jiwa agar target 70% dapat tercapai.

Bupati Surunuddin memiliki strategi daerah yakni kebijakan pelayanan publik dan membangun sinergitas bersama TNI-POLRI dan pihak lainnya didukung ketersediaan stok vaksin.

“Untuk tembus diangka 70 persen, kami targetkan 3000 jiwa tervaksin diseluruh kecamatan atau 120 jiwa perhari dalam waktu 20 hari kedepan. Insya Allah tercapai sampai akhir tahun ini juga melalui strategi daerah yang kami miliki,”ujarnya yakin dihadapan Mendagri Tito yang disambut applaus

Surunuddin dikesempatan itu juga melaporkan beberapa kendala yang dihadapi tim vaksinator Kabupaten, yakni akses wilayah kerja yang luas dan beragam, ketersediaan vaksin dari Provinsi ke Kabupaten, respon masyarakat karena berita hoax keburukan vaksin dan sistem pelaporan karena kendala jaringan lemah dibeberapa titik juga keterbatasan anggaran dibidang kesehatan yang diberikan pemerintah pusat.” Namun hal itu bukan menjadi alasan dan hambatan dalam mengejar cakupan persentase vaksinasi, kami terus berupaya memberikan solusi atas kendala tersebut, seperti upaya pemberian insentif nakes dan bantuan sosial tambahan bagi warga,”timpalnya

Terkait minimnya anggaran yang disampaikan Bupati Surunuddin, Mendagri Tito mempersilahkan menggunakan anggaran bantuan lain yang masih tersedia di Kabupaten Konsel. Hal itu menurutnya aman digunakan karena dalam keadaan darurat kesehatan dan berdasarkan perintah undang-undang.

“Demi upaya realisasi cakupan vaksinasi dan kesehatan masyarakat, anggaran bantuan lain bisa dilimpahkan untuk urusan penanganan Covid-19. Jika perlu khusus Konawe Selatan kami buat surat khusus penggunaan anggaran dalam APBD untuk mendukung kegiatan vaksin agar berjalan lancar, termasuk pemenuhan ketersediaan stok vaksin,” kata Tito menyahuti kendala yang dihadapi Kabupaten Konawe Selatan.

Tak lupa Mendagri meminta para kepala daerah mengekspos melalui media, setiap terobosan yang dilakukan dalam hal peningkatan cakupan vaksinasi diwilayah masing-masing.

Adapun ketersediaan stok vaksin di Konawe Selatan saat ini, jenis sinovac IP 2 dosis sebanyak 22.670 (11.335 viral) sedangkan jenis vaksin pfizer IP 6 dosis sebanyak 5850 (975 viral). Masih membutuhkan 36.737 untuk dosis pertama dan 57.832 dosis kedua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *