Peristiwa

Nakhoda Kapal yang Tenggelam di Buteng Diamankan Polisi

×

Nakhoda Kapal yang Tenggelam di Buteng Diamankan Polisi

Sebarkan artikel ini

Buteng, suarakendari.com-Nakhoda Kapal yang tenggelam di teluk Mawasangka Tengah, Kabupaten Buton Tengah diamankan polisi Senin (24/7/2023) siang. Hal ini diungkapkan Iptu Sunarto Kasat Reskrim Polres Buton kepada wartawan. “Nakhoda kapal sudah diamankan dan sudah dimintai keterangan,”kata Sunarto.

Dari hasil pemeriksaan nakhoda, terungkap jika muatan kapal yang digunakan mengangkut penumpang hanya berkapasitas 5 – 10  orang penumpang, tetapi faktanya saat kejadian yang diangkut 40 orang, sehingga dianggap over kapasitas.

Kepada polisi, Nakhoda mengaku saat sebelum peristiwa Ia mencari akses penyeberangan terdekat namun naas menimpa belum tiba di tempat tujuan kapal keburu tenggelam. Nakhoda juga mengaku terpaksa mengangkut penumpang  melebihi kapasitas atas desakan penumpang yang ingin segera berangkat.

Polisi mengungkap jika aktifitas pelayaran malam naas itu merupakan Inisiatif sendiri dari sang nakhoda untuk mengangkut penumpang dan berada  di luar pelabuhan yang resmi. “Polisi sendiri telah menempatan petugas polisi untuk mengawasi kegiatan bongkar muat di wilayah pelabuhan,”jelasnya.

Seperti diketahui kronologi peristiwa tenggelamnya Kapal penyebrangan antar desa terjadi saat melakukan penyeberangan dari Pelabuhan Desa Lanto menuju Desa Lagili, usai warga mengikuti kegiatan HUT Buteng. Namun dalam perjalanan sekira 500 meter dari desa tujuan, kapal tenggelam yang diduga akibat mengalami kebocoran dan kelebihan muatan.

Pelaksana Bupati Buton Tengah Andi M Yusuf mengatakan atas peristiwa itu akan mengevaluasi kembali sistem pelayaran di wilayah perairan buton tengah. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *