Semarak RamadhanSeputar Islam

Momentum Nuzulul Qur’an dan Ramadhan Memberikan Spirit Tentang Eksistensi Islam

×

Momentum Nuzulul Qur’an dan Ramadhan Memberikan Spirit Tentang Eksistensi Islam

Sebarkan artikel ini

Baubau, suarakendari.com-Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat memberikan sambutan pada kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an di masjid Nur Muhiddin Kelurahan Tanganapada Selasa malam (18/4/2023) mengatakan, momentum peringatan Nuzulul Qur’an bukan hanya seremoni saja melainkan untuk menunjukkan eksistensi Islam sebagai agama yang menjunjung tinggi nilai persaudaraan, toleransi dan menghargai perbedaan.

Apalagi, sebagaimana diketahui, bahwa Alqur’an adalah petunjuk hidup bagi umat manusia. Al-Qur’an adalah kitab yang paripurna atau penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya. Al Qur’an memiliki dimensi historis, ruang dan waktu yang berbeda. Bacaan AlQur’an membutuhkan pengetahuan yang bersifat interdisipliner, terutama dalam upaya menggali dan mengkaji makna yang terkandung di dalamnya.

Demikian pula halnya dengan bulan ramadhan, yang lebih mengajarkan umat Islam tentang pola hidup yang sebenarnya .Mulai dari pola hidup diri sendiri, berkeluarga, membangun hubungan dengan sesama manusia sampai pada merekatkan hubungan dengan Allah. Oleh sebab itu,, korelasi yang begitu apik antara Al Qur’an sebagai kitab suci yang diturunkan dibulan suci bertujuan untuk mensucikan kehidupan umat Islam.”Terlalu banyak mukjizat AlQur’an yang dipertontonkan dihadapan umat manusia untuk dijadikan pelajaran sekaligus pembuktian terhadap orang yang ingkar. Sering terdengar banyak ilmuan barat yang berusaha mencari kelemahan Al Qur’an, tetapi justru Mukjizat yang mereka dapatkan,”ungkap La Ode Ahmad Monianse.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini menambahkan, sebagai umat Islam tentu haruslah merasa bangga memiliki kitab yang dijamin kebenarannya oleh Allah. Namun rasa bangga tidaklah cukup tetapi harus dibarengi dengan aktualisasi nilai-nilai Al Qur’an. Artinya bahwa sedianya AlQur’an dijadikan sebagai teman dialog dan pemberi solusi yang baik.

La Ode Ahmad Monianse berharap momentum Nuzul Qur’an dapat melahirkan inspirasi-inspirasi baru agar Al Qur’an selalu dijadikan sebagai rujukan hidup.

Sementara itu. dalam kesempatan tersebut Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse turut menyerahkan bantuan dana pembangunan masjid untuk Kelurahan Tanganapada Nur Muhiddin dan Kelurahan Katobengke Nurul Saba masing-masing sebesar Rp 20 juta.

Foto/Peliput : SAMSUDIN
Produksi : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : Kepala Dinas KOMINFO Kota Baubau H Andi Hamzah Machmud, S.Sos, M.Si

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *