Pariwisata

Mengenal Aneka Kuliner dan Kerajinan Khas Tokotu’a Kabaena

×

Mengenal Aneka Kuliner dan Kerajinan Khas Tokotu’a Kabaena

Sebarkan artikel ini

Bombana, Suarakendari.com-Kabupaten Bombana khususnya di Pulau Kabaena memiliki kekayaan  budaya yang menarik dan juga dikenal kaya akan seni hasta karya (kriya) dan kuliner khas yang sangat unik.

Inilah yang terlihat pada rangkaian Festival Tangkeno yang lalu, Bombana menggelar  Pameran Kerajinan dan Pameran Kuliner khas Tokotu’a (Kabaena) yang menghadirkan beraneka macam kerajinan tradisional dan kuliner hasil olahan masyarakat Kabaena.

Kerajinan tangan yang dipamerkan antara lain, anyaman wadah Be’u, Sapeo, Empe (tikar), Kompe (keranjang), Duku (nyiru), anyaman tempat tissue, gantungan kunci, aksesori, hiasan rumah dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan kuliner dan penganan yang lezat dan penuh cita rasa dihadirkan dalam pameran ini diantaranya, nasi bambu (Tinula), Nivuai, Gola Ni’i, Vade, Dodolo, Inonta, Kande-Kande, Kambose,Cucuru, dan beragam masakan olahan hasil laut khas Kabaena.

Pameran ini tentunya bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk kriya dan kuliner khas Tokotu’a (Kabaena) kepada masyarakat luas.

“Saya berharap agar Pemerintah Daerah dan masyarakat Bombana khususnya Kabaena tetap melestarikan dan mengembangkan beragam kerajinan tradisional dan kuliner khas yang memiliki nilai jual tinggi dan produk yang dihasilkan berkualitas sehingga dapat dijadikan produk unggulan Bombana agar bisa bersaing di pasar nasional,”ungkap Hj. Andi Nirwana, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sultra.

#pamerankriya #hastakarya #kriya #pamerankuliner #pamerankerajinan #kabaena #tokotua #pinkers #ans #andinirwanasebbu #sulawesitenggara #sultra #bombana #DPDRI #indonesia #tangkeno #desawisata #pameran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!