Kultur

Mengapa Bahasa Daerah Kian Jarang Digunakan Masyarakat Perkotaan

×

Mengapa Bahasa Daerah Kian Jarang Digunakan Masyarakat Perkotaan

Sebarkan artikel ini

Suarakendari.com- Keprihatinan banyak pihak akan hilangnya bahasa daerah dalam kehidupan masyarakat perkotaan mengemuka dalam diskusi terbatas komunitas peduli bahasa daerah di Kota Kendari. Bahasa sebagai khazanah kekayaan budaya bangsa pelan tapi pasti mengalami fase degradasi, seiring makin dominannya alat komunikasi antar suku bangsa. Salah satu bahasa daerah yang kini dalam fase “lampu merah” adalah bahasa Tolaki, bahasa daerah etnis terbesar didaratan Sulawesi Tenggara.

Banyak yang menyayangkan masih banyak orang Tolaki sendiri yang bermental takut menggunakan bahasanya sendiri. Ketakutan menggunakan bahasa kemungkinan dilandasi oleh beberapa faktor, yakni, rasa takut karena kemungkinan takut salah berkomunikasi atau takut me-nyinggung perasaan orang yang diajak bicara. Kemungkinan lainnya, karena perasaan gengsi mengunakan bahasa Tolaki sebagai bahasa pergaulan. Ketakutan itu sebenarnya jangan jadi masalah sebab, bagaimana akan mampu berbicara bahasanya sendiri, jika tidak digunakan dalam kehidupan dan pergaulan sehari-hari.

Ada tiga elemen yakni birokrat, masyarakat dan pendidik yang mestinya lebih banyak memberikan perhatian khusus untuk tetap membiasakan bicara bahasa Tolaki dalam kehidupan dan pergaulan sehari-hari.

Jangan hanya menggunakan bahasa Tolaki sebagai seremonial semata, yakni pada peringatan tertentu saja, penyambutan tamu, demi-kian pula para birokrat, hendaknya memegang aturan yang telah di instruksikan kepada stafnya yang sifatnya hanya waktu itu saja dan kemudian terhenti, jadi jangan seremonial saja.

Dirana pendidikan juga sekarang ini pelajaran bahasa Tolaki perlu dipertanyakan, sedangkan pengajarannya hanya hafalan saja. Jika hafalan saja, bukan orang Tolaki juga banyak yang pandai dan nilainya juga diatas 8. Kami berharap pula agar dalam pendidikan, jangan hanya pandai hafalan saja, melainkan juga mem-pergunakan ilmu terapan, sehingga bukan saja hafalan bahasa Tolaki melainkan juga pandai dalam praktek sehari-hari,malah hendaknya dalam pendidikan dibangku sekolah juga para pendidik menggunakan bahasa pe-ngantar dengan bahasa Tolaki. Tidak sedikit para siswa dalam berbagai bidang keilmuan pandai dalam bidangnya, sehingga menjadi juara olimpiade keilmuan, namun hendaknya juga dengan terapan, sehingga bukan saja pandai dalam hafalan melainkan juga pandai dalam praktek.

Di nusantara ini, ada 746 bahasa daerah di antaranya ada 65 bahasa daerah terancam punah dan bahkan ada yang sudah punah. Diantaranya bahasa Tolaki terancam punah jika tak terus dilestarikan generasi ke generasi. sekarang ini khususnya diperkotaan, bahasa Tolaki kurang digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh kalangan remaja maupun orang tua, karena ada rasa kekhawatiran takut salah atau gengsi (kampungan), menyinggung orang lain, padahal mereka itu jangan merasa takut salah atau menyinggung orang lain, tetapi hendaknya gunakan saja bahasa Tolaki, walau salahpun, sebab akan ada yang membetulkannya.

Jangan takut salah sebab, tidak akan ada kata benar, jika tidak melakukan sesuatu kesalahan. Khususnya di kalangan birokrasi atau pengambil keputusan sudah saatnya ada hari berbahasa Tolaki setiap tahun diperingati dan digunakan. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *