Tips & Trik

Memilih Ransel atau Carrier yang Tepat untuk Pendakian

×

Memilih Ransel atau Carrier yang Tepat untuk Pendakian

Sebarkan artikel ini

Ransel atau carrier adalah salah satu kebutuhan dasar dalam kegiatan mendaki gunung. Berikut tips dari Bia_wak  memilih ransel yang tepat bagi  Kamu drngan tipe, bahan dasar, dan kapasitasnya pun beragam. Mulai dari kapasitas 45 liter, 75 liter, bahkan lebih.

Kondisi medan, durasi perjalanan, bahkan cuaca perlu menjadi dasar pertimbangan pemilihan ransel. Dalam kondisi medan tertentu, butuh diperhatikan soal ketahanan ransel terhadap gesekan, baik itu ranting, tanah, duri atau batu.

Juga tentang tingkat kenyamanan pemakaian ransel yang akan dibawa saat perjalanan. Terlebih untuk perjalanan berdurasi panjang. Perlu diperhatikan juga bagaimana tingkat ketahanan ransel terhadap cuaca, terutama faktor air. Bisa dibayangkan bila ransel tidak tahan air, maka ransel akan bertambah berat bila cuaca hujan atau saat terkena embun.

Ada patokan untuk kapasitas atau ukuran ransel berdasarkan durasi kegiatan:
1. Durasi 1 – 2 hari 》35 liter
2. Durasi 3 – 4 hari 》45 liter
3. Durasi 5 – 6 hari 》65 liter
4. Lebih dari 7 hari 》75 liter atau lebih

Patokan ukuran di atas tentu tidak baku dan akan menyesuaikan bentuk dan model perlengkapan yang akan dibawa. Bila perlengkapan termasuk yang sangat ringkas, namun tetap memenuhi syarat keamanan dan kenyamanan, tentu mempengaruhi kapasitas ransel yang dibutuhkan.

Nah, bagi Para Biawak, pastikan ketika akan membeli ransel, perhatikan juga alat-alat pendukung lainya seperti apa? Tipe perlengkapan standar atau ringkas? Jangan sampai ransel kita kekecilan atau kebesaran.

Dan yang tak kalah penting, tingkatkan terus pengetahuan kita tentang perlengkapan, juga keterampilan packing kita. Dijamin perjalanan pun akan semakin nyaman.

#Bia_AwakAdventure #Bia_AwakTropicalAdventure
#Mountaineering #Backpack #Carrier #Rucksack #Hiking #Pendaki #PendakiGunung #PendakiCantik #PendakiIndonesia #Bia_AwakAdventureServiceTeam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *