Pariwisata

Lomba Pindoko atau Tombak Ikan sebagai Daya Tarik Wisata Desa Wasuemba Buton

×

Lomba Pindoko atau Tombak Ikan sebagai Daya Tarik Wisata Desa Wasuemba Buton

Sebarkan artikel ini

Buton, suarakendari.com-Desa Wasuemba, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, baru saja menggelar acara Wasuemba Happy and Nice Festival. Acara ini mendapat perhatian besar dari berbagai kalangan masyarakat, terutama kegiatan Lomba Tombak Ikan atau Lomba Pindoko dan Perjamuan Desa atau Pikama’a ma’ano Kampo.

Tidak hanya warga setempat yang turut berpartisipasi, acara ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh dan pejabat pemerintah lingkup Pemda Buton, seperti Sultan Buton ke-40 LM Izzat Manarfa, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Alimani, serta Kepala Dinas Pariwisata Rusdi Nudi.

Salah satu kegiatan yang menarik perhatian adalah Lomba Tombak Ikan atau Lomba Pindoko. Hal ini bukanlah hal yang baru bagi warga Wasuemba karena Lomba Pindoko merupakan kegiatan rutin bagi mereka yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Desa Wasuemba sendiri telah berstatus desa wisata. Posisi pesisir di daerah ini dengan kelestarian lingkungan perairannya yang terjaga dengan baik, menjadikannya surga bagi ikan-ikan yang berkembang biak di kawasan tersebut. Dalam melestarikan lingkungan perairannya, warga Wasuemba masih memegang teguh hukum adat.

Dari sudut pandang pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, Belli, menyatakan bahwa salah satu kebijakan kepariwisataan saat ini adalah pengembangan kawasan pedesaan sebagai destinasi wisata, dikategorikan sebagai desa wisata. Belli menjelaskan bahwa atraksi seperti Lomba Tombak Ikan yang ada di Desa Wasuemba dapat menjadi pengalaman unik dan tak terlupakan bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Sultra.

“Harapan kita adalah, dengan pemberdayaan masyarakat desa dan pengembangan desa wisata, masyarakat setempat ikut merasakan manfaat dari pembangunan kepariwisataan. Semakin banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi Desa Wasuemba, semakin kaya juga dampak ekonominya dan semakin lama pula kelestarian lingkungan di Desa Wasuemba terjaga baik,”ungkap Belli.

Jadi, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menombak ikan di laut, Desa Wasuemba adalah pilihan yang tepat. Atraksi menarik ini sangat memungkinkan untuk mengundang banyak wisatawan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sultra. Mari kita dukung dan jaga Desa Wasuemba sebagai destinasi wisata menarik untuk dikunjungi di Sulawesi Tenggara. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *