Ekonomi & Bisnis

Konsel, Daerah Penghasil Buah-Buahan Lokal

×

Konsel, Daerah Penghasil Buah-Buahan Lokal

Sebarkan artikel ini

Konsel, Suarakendari.com-Tak dipungkiri Konawe Selatan menjadi daerah penghasil buah-buahan di Sulawesi Tenggara. Aneka buah produk lokal yang beredar luas di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara yang dipasarkan pedagang selama ini  sebagian besar  berasal dari daerah di pelosok konsel.

“Setidaknya sejumlah kecamatan di Konsel kini begitu popular karena berhasil membudidayakan sejumlah produk hortikultura, seperti buah nenas, durian, mangga, pisang hingga rambutan,”unngkap Hasrin, petugas Hortikultura, Dinas Pertanian Konsel.

Harga jual buah buahan lokal lin tebilang terjangkau. Harga buah rambutan dipasarkan antara Rp10.000-Rp15.000 per kg.

Begitu pula dengan buah langsat (sejenis buah duku) dijual Rp10.000-Rp15.000 per kg .
Sayangnya harga mulai menurun seiring membludaknya stok yang disupai dari sejumlah petani dari beberapa kabupaten penghasil buah tersebut seperti di Konawe, Kolaka dan Kabupaten Muna.

Khusus buah durian, selain durian lokal jenis mentega yang banyak disukai konsumen, juga durian Moutong (durian Bangkok) hasil perkawinan silang sudah mulai banyak dijual para pedagang dengan harga kisaran masih di atas Rp100.000 hingga Rp150.000 per buah ukuran yang besar.

Sedangkan buah jenis lainnya seperti jeruk manis, semangka, melon, pisang, nangka dan salak harganya masih tetap dan belum mengalami kenaikan maupun penurunan harga.
Buah semangka misalnya masih dijual dengan kisaran Rp20.000-Rp25.000 per buah (tergantung dari besarnya) dan setiap satu buah bisa mencapai ukuran 3-5 kg. Persediaan buah lokal maupun buah antarpulau dan buah impor masih cukup tersedia sehingga walaupan mengalami kenaikan maupun penurunan harga tidak menimbulkan kepanikan ditingkat konsumen. (Sk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *