Pariwisata

Keseruan Berwisata di Pantai Kelelawar Kolaka

×

Keseruan Berwisata di Pantai Kelelawar Kolaka

Sebarkan artikel ini

Kolaka, suarakendari.com-Kabupaten Kolaka menawarkan ragam pesona pariwisata, salah satunya wisata pantai kelelawar. Keistimewaan yang tak banyak dimiliki pantai lain di Indonesia.

Pantai kelelawar yang sebenarnya bernama pantai poturua, terletak di Desa Watubangga, sekitar 20 Km selatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka. Warga kebanyakan lebih suka sebutan pantai kelelawar, seperti yang banyak dikenal oleh penduduk sekitar dan pengunjung. Nama ini lebih mewakili keistimewaan yang dipunyai pantai pantai ini, yaitu kelelawar.

Puluhan ribu kelelawar ada di pantai ini, tidak di gua gua, gelap nan lembab, tetapi hidup bergelantungan di pohon lohon di tepi pantai, yakni tempat yang terang benderang dan panas terik pada siang hari, di pantai yang dikunjungi banyak wisatawan.

Kelelawar di pantai ini tak terhitung jumlahnya, bertengger bergerombol di dahan dan pucuk pohon. Saat pertama kali melewati pantai yang berada di tepi jalan poros pomalaa-boepinang ini, saya mengira kelelawar itu adalah kumpulan dedaunan berwarna hitam. Namun, saat kelelawar itu bergerak dan terbang, Saya baru menyandari bahwa itu bukan dedaunan.

Kawanan ini bertengger di pohon pohon di pantai sepanjang 500 meter, hanya saja kumpulan terbanyak ada di taman yang diperuntukkan bagi wisata ini.

Berkunjung ke pantai ini pada suatu akhir pekan menjadi pilihan tepat jumat. Selain ramai pengunjung juga ada banyak pedagang kaki lima berjualan. Pada hari biasa di luar akhir pekan, tempat itu tenang dan saat itu hanya beberapa wisatawan yang berada di taman pantai itu. Di tepi pantai kita akan memyaksikan anak kecil  sedang mengumpulkan anakan ikan  yang terperangkap di jaring.  Sk

Dokumentasi Foto Keluarga: Krisnawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *