Ekonomi & Bisnis

Jelang Idul Adha 1445 H, Harga Pangan di Sultra Stabil

×

Jelang Idul Adha 1445 H, Harga Pangan di Sultra Stabil

Sebarkan artikel ini

KENDARI, suarakendari.com – Dari peninjauan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H / 2024 M, sejauh ini harga komoditas pangan di Sulawesi Tenggara (Sultra) terpantau relatif stabil.

Hal itu terlihat pula dari turunnya angka inflasi Sultra menjadi 2,57 dan Indeks Perkembangan Harga (IPH) minggu pertama bulan Juni 2024 sebesar -0,63 saat digelarnya Rapat Koordinasi (Rakor) Kemendagri secara _virtual_ dalam rangka pengendalian inflasi yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Senin (10/6/2024).

Meski angka inflasi di Sultra terkendali, namun perlu menjadi perhatian terhadap komoditas yang kerap naik dan turut berkontribusi pada naiknya angka IPH yakni beras, telur ayam ras, dan bawang merah.

Mendagri Tito Karnavian saat Rakor sampaikan pengarahan, masing-masing : Pertama, Kepala Daerah diharapkan agar terus bekerjasama dan bersinergi untuk mengendalikan inflasi dan TBC (Tuberkolosis), perlu dinaikkan menjadi skala prioritas. Kedua, waspadai penyakit TBC yang terjadi pada usia produktif, jgn sampai menjadi beban demografi bukan bonus demografi.

“Ketiga, segera buat Tim penanganan TBC daerah. Saya juga akan terbitkan SE untuk _guidance_ pelaksanaan tugas tim penanganan TBC daerah sebagai dasar pembiayaan tim melalui APBD dan atau anggaran lain serta langkah teknis lainnya,” tegas Mendagri.

Selanjutnya, Andap menjelaskan IPH tertinggi minggu pertama di Sultra terjadi di Kabupaten Muna Barat sebesar 1,07, sedangkan Kabupaten dengan IPH terendah berada di Kabupaten Wakatobi yang alami deflasi sebesar -2,41 disebabkan penurunan harga cabai rawit, daging ayam ras, dan bawang putih.

Dalam kesempatannya, Pj Gubernur menginstruksikan para Bupati dan Walikota agar segera menindak lanjuti hasil Rakor dengan memantau secara langsung harga komoditas pangan utamanya minyak goreng, cabai merah, cabai rawit, gula pasir, bawang putih, tahu tempe, daun bawang, dan daging sapi.

“Terkhusus Kadis Dikbud Pemprov/Kab/Kota, agar dikaji dengan baik penetapan harga yang diatur pemerintah yaitu kelompok pengeluaran pendidikan, mengingat bulan Juli merupakan tahun ajaran baru. Ingat, kenaikan uang komite/pembangunan dapat memicu kenaikan inflasi,” ujar Andap.

Terakhir, Pj Gubernur menyampaikan “mari kita sambut Hari Raya Idul Adha dengan hati yang bersih serta mengajak seluruh masyarakat dan para pihak terkait agar turut mengawasi terhadap distribusi komoditas yang sering naik sehingga tidak ada upaya penimbunan stok menjelang Hari Raya Idul Adha di tempat kita,” tutup Andap. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!