Ekonomi & Bisnis

Ini Langkah Pemda Mengatasi Laju Inflasi Sultra

×

Ini Langkah Pemda Mengatasi Laju Inflasi Sultra

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com-Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Kendari Susanti, S.Sos mewakili Pj. Walikota Kendari hadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) secara virtual yang dilaksanakan diruang Comand Centre Balaikota Kendari, Jumat (14/4).

Rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara dari Aula Rujab Gubernur Sutra, dalam arahannya mengatakan bahwa inflasi Sultra pada triwulan pertama 2023 sebagian besar didorong oleh inflasi kelompok transportasi, makanan, minuman termasuk tembakau.

“Nilai tersebut merupakan nilai inflasi tahunan tertinggi secara nasional pada 2021-2023, Untuk itu upaya pengendalian inflasi ini perlu menjadi perhatian tidak hanya di level provinsi, namun perlu juga dilaksanakan secara komprehensif dan luas di seluruh kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara,”harapnya.

Selanjutnya, ada beberapa langkah langkah yang harus dilaksanakan dalam upaya mengendalikan inflasi di kabupaten kota yakni menjaga frekuensi operasi pasar/pasar murah dan sidak pasar, Meningkatkan intensitas pengawasan oleh APH dan Satgas Pangan, Memastikan kelancaran distribusi komoditas dari luar Sultra, Mendorong realisasi Belanja Tidak Terduga (BTT) level provinsi hingga kabupaten dan kota dengan bimbingan inspektorat, instansi vertikal atau forkopimda, serta meningkatkan komunikasi efektif untuk menjaga ekspektasi inflasi masyarakat. SK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *