Kuliner

Ini Kuliner Lebaran Khas Sulawesi Tenggara

×

Ini Kuliner Lebaran Khas Sulawesi Tenggara

Sebarkan artikel ini
kuliner lapa lapa. foto: Joss
  1. Lapa-Lapa

Lapa-lapa kuliner local yang  terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan. Diolah dengan perlakuan khusus agar menghasilkan cita rasa luar biasa. Biasanya untuk yang menyukai ketan hitam ini menjadi favorit lebaran, namun ada juga yang menggunakan ketan putih. Cara membuanya dengan cara dikukus setengah matang lalu dibungkus dengan menggunakan janur alias daun kelapa muda dan diikat rapi dan kuat.  Lapa lapa biasanya direbus dengan waktu lama demi mencapai kematangan yang diinginkan. Lapa-lapa  sangat enak disajikan saat hangat ditemani dengan olahan daging seperti rendang , daging cincang, kuah kare ayam dll. Lapa-lapa sendiri sendiri menjadi menu hamper seluruh etnis di Sulawesi tenggara, seperti; tolaki, muna,buton, dll.

  1. Burasa

Nasi yang dibungkus daun pisang diikat lalu di masak hingga matang. Burasa atau baruasa menjadi hidangan wajib saat hari raya lebaran idul fitri, biasanya dimakan dengan lauk opor ayam, rendang maupun kare ayam.

3. Ketupat Pandan

Ketupat pandan diolah untuk mendapatkan nasi dengan aroma harum khas pandan.  Biasanya dimakan dengan berbagai masakan olahan berbahan daging seperti sate, rending, kare ayam dll.

ketupat pandan. foto: Joss
  1. Kasoami

Kuliner kasoeami adalah makanan tradisional asal pulau Buton. Kuliner dengan bahan dasar ubi merupakan menu wajib saat acara pesta adatat maupun perayaan keagamaan dan hari raya lebaran yang disajikan sebagai makanan utama. Kasuami diolah dengan cara perlakuan khusus seperti dikukus dalam bentuk tumpeng. Kuliner satu ini paling enak dimakan ditemani lauk pauk dari berbagai olahan ikan, dan daging.

  1. Karasi

Karasi adalah kue khas Wakatobi dengan rasa manis yang khas. Berbahan dasar jagung muda yang diparut lalu dicampur dengan gula merah cair. Ada juga karasi berbahan tepung beras yang dicampur dengan gula pasir. Cara membuat karasi memang unik karena mengunakan cetakan dari batok kelapa yang berfungsi meniriskan adonan cair ke kuali. Adonan bahan digoreng dengan minyak panas sampai berubah warna kuning keemasan. Kalau sudah matang, karasi siap disajikan sebagai kue  paling enak di hari raya.

6. Sagela

Hidangan bubur sagela menjadi menu lain yang patut dicoba di hari raya bersama keluarga tercinta. Bubur sagela terbuat dari beras kualitas baik yang diberi campuran ikan roa kering. Tambahan bumbu rempah seperti, cabai, tomat, bawang, cabe, dan 7. lengkuas membuat hidangan bubur  menjadi kaya rasa. Sebagai pelengkap, bisa disajikan dengan kerupuk dan irisan timun.

7. Lalampa

Makanan ini merupakan olahan dari beras ketan dengan isian ikan cakalang. Untuk pengolahannya, Lalampa dibungkus menggunakan daun pisang yang dibentuk lonjong, lalu dibakar.

 

8. Kapusu

Merupakan makanan tradisional muna yang berbahan jagung. Diolah dengan cara kulit biji jagung dibuang lalu dicampur dengan santan kelapa  serta di mix dengan kacang merah. Memakan kapusu biasanya ditemani dengan lauk ikan maupun daging. SK

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *