Bangun Negeri

Ini Kawasan Paling Berkembang di Kendari

×

Ini Kawasan Paling Berkembang di Kendari

Sebarkan artikel ini

Sebagai pusat ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara, Kota Kendari kini kian berkembang. Sejumlah pusat perdagangan dan jasa hadir. Bangunan pusat perdagangan dan jasa tersebar di sejumlah lokasi.

Lokasi pertama, yang paling berkembang adalah Kawasan Ekonomi Mandonga. Mandonga sendiri adalah nama wilayah, yakni Kelurahan Mandonga, Kecamatan Madonga yang menjadi pusat keramaian paling utama di Kendari.

Kawasan ini terdapat beberapa jalan, namun jalan utama yang dilalui yakni Jalan Abdulah Silondae. Sepanjang jalan ini terdapat pusat pertokoan, pasar modern, pasar rakyat hingga perbankan. Di kawasan ini, sejumlah kantor perbankan berskala nasional berdiri, diantaranya; BCA, Bank Mandiri, NISP, BII, Danamon, BNI, Bank Artha Graha, BRI, CIMB Niaga, Bank Syariah. Tak hanya jasa perbankan, di kawasan Mandonga ini juga, berdiri pusat perbelanjaan seperti Mall Mandonga dan kantor-kantor swasta lainnya seperti Telkomsel, Indosat, Barata Depstore, Holliwood Square. Sedang di Jalan Syeh Yusuf penuh pertokoan, restoran dan hotel-hotel.

Kawasan kedua yakni, Kelurahan Korumba dan Kelurahan Kadia, Kecamatan Baruga. Kawasan yang dibelah dengan sungai Kadia ini dianggap paling asri, sebab, disini pemerintah membangun ruang terbuka hijau, seperti Taman Kota, adal pula MTQ Square yang menjadi alun-alun kota, Pusat Perbankan seperti, BTN, Bank Mega,Bank Panin. Ada juga perbelanjaan Mall Rabam. Tumbuh pula dengan pesat pusat perkantoran swasta dan jasa perhotelan diantaranya, Hotel Horison, Plaza Inn, restoran serta menjadi pusat kuliner kota kendari. Masih di kawasan ini, terdapat pula area perkantoran pemerintah seperti kantor Wali Kota Kendari dan Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri.

Sementara kawasan Wua-wua, kini berubah menjadi kawasan bisnis yang paling berkembang yang terletak di Jalan MT Haryono terdapat Lippo Plaza, Brilian Plaza, Mall Kendari. Hampir semua swalayan lokal ada disini, pasar baru, pasar panjang serta pusat hiburan malam paling banyak karaoke dan diskotik.

Selain itu ada juga pusat perbankan, dari bank lokal seperti Bank Bahteramas sampai bank nasional seperti Bank BCA, Bank BNI, BRI Mandiri. demikian pula jasa perhotelan dan deretan ruko. Tak heran hampir setiap saat Jalan MT Haryono selalu terjadi kemacetan arus lalulintas.

Kawasan Andounohu juga menjadi sentra kawasan yang kini berkembang pesat. Daerah ini  dijuluki sebagai kota baru di Kendari. Ditandai banyak pusat bisnis dan pembangunan ruko-ruko baru. Kawasan ini juga tumbuh subur hunian dari yang kelas BTN hingga kawasan elit seperti kawasan elit Citra Land ada disini yang akan dilengkapi dengan Mall dan hotelnya. Bangunan-bangunan ruko yang marak menjadi penomena tersendiri empat tahun belakangan ini, bangunan untuk hunian dan perdagangan tumbuh bak jamur di musim hujan. Diprediksi dalam waktu tiga tahun mendatang, kawasan Andounohu akan mengalahkan keramaian Mandonga, Wua-wua dan kadia.

Terakhir kawasan Baypass. Dimana kawasan paling Premium, Senapati land, semua hotel berbintang ada disini Grand Clarion, Dragon Inn, Zahra, Swissbell, Wixell, The Biltz, Attayah pusat hiburan malam. Jadi kalau anda ke Kendari informasi ini cukup menjadi referensi awal Anda. SK

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *