Humaniora

Ini Dia Lokasi Ngabuburit di Kendari

×

Ini Dia Lokasi Ngabuburit di Kendari

Sebarkan artikel ini

 

Lokasi mana saja ngabuburit di Kendari? Nah, bagi Anda yang gemar ngabuburit alias berjalan-jalam sembari menunggu waktu berbuka puasa, maka ada beberapa lokasi yang layak Anda datangi.

  1. Lokasi Tugu persatuan di kawasan Kelurahan Korumba, Kota Kendari. Di kawasan seluas 4 hektar ini Anda bisa menikmati suasana sore sambil menunggu waktu berbuka puasa bersama keluarga.  Di kawasan yang kini berkembang menjadi sentra kuliner menyuguhkan banyak sekali pilihan makanan berbuka puasa.
  2.  Lokasi lain adalah ngabuburit di sekitar taman hutan kota. Lokasinya berada di jantung ibu kota tepatnya di bilangan Kantor Wali Kota Kendari. Luas taman yang mencapai 4 hektar ini sangat bik untuk dijajal demi melihat-lihat sekaligus menambah pengetahuan Anda tentang hutan. Di taman ini sendiri tumbuh berbagai jenis pohon besar yang selama hidup di hutan alam. Setiap harinya di lokasi ini dipenuhi ratusan warga khususnya muda-mudi sejak lepas shalat subuh. Namun menjelang siang taman ini akan sepi dari pengunjung dan akan kembali ramai saat sore pukul tiga hingga menjelang buka puasa.
  3.  Lokasi pusat kuliner Sulawesi Tenggara. Dimana lagi kalau bukan di Pantai Kendari (Kendari Beach). Selama berpuluh tahun setiap ramadhan tiba lokasi ini menjadi lokasi favorit warga bumi anoa. Di lokasi ini dijajakan berbagai aneka jenis makanan seperti pisang epe, pisang ijo, hingga berbagai jenis makanan seperti bakso, coto dan ikan bakar. Warga yang ngabuburit juga bisa melihat matahari yang tenggelam di bagian barat kota.
  4. Lokasi ini berada di ujung kota lama Kecamatan Kendari, tepatnya di dekat pelabuhan Kendari. Seperti di Kendari Beach, di lokasi ini juga dijajakan aneka makanan untuk berbuka puasa. sekaligus memanjakan mata Anda dengan pemandangan laut dan kapal-kapal yang berlabuh.
  5. Kawasan Taman Hutan Gubernur Sultra. Terletak di Kelurahan Andonohu, taman hutan gubernur Sultra ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi ngabuburit keluarga sambil menghabiskan waktu untuk menunggu buka puasa. di lokasi ini tumbuh ribuan pohon pinus peninggalan gubernur Kaimoedin saat masih menjabat gubernur Tahun 2000 lalu. Pohon-pohon ini sudah tumbuh dengan batang yang besar-besar sekaligus menjadi pelindung kala Anda berjalan-jalan. Lokasi yang asri ini cukup terawat dan dijaga keasriannya oleh sejumlah petugas taman, dan keamanannya dijaga oleh Pol PP.
  6. Lokasi berikutnya di Masjid Raya Alkautsar Kendari yang terletak di Jalan Abdulah Silondae. Dimana Anda akan disuguhkan dengan pemandangan ornamen masjid raya yang indah sekaligus dingin ini. Tak heran masjid kebanggaan warga Kendari selalu ramai saat shalat taraweh.
  7. Dan lokasi yang juga layak dikunjungi saat ramadhan adalah museum Sultra yang terletak di Jalan Abunawas Kota Kendari. Lokasi ini dapat disaksikan peninggalan masa lalu berbagai suku di Sultra. Dari alquran tertua hingga peninggalan purbakala etnis di sulawesi tenggara. Di sana anda bisa bertanya pada pemandu museum yang setiap haro kerja berjaga. Buka dari pukul 8 sampai pukul 4 sore.
  8. Kawasan jembatan kuning Talia, juga menjadi pihan. Kawasan ini sejak 2020 telah dikembangkan  menjadi kawasan kuliner dan kini dikenal sebagai  kawasan Kendari Beach Dua. Selain taman kuliner kawasan ini juga menawarkan panorama alam laut dan pemukiman warga pesisir di teluk dalam.
  9. Lokasi trotoar jalan di sisi teluk kendari. Kawasan yang tengah digandrungi warga karena benar benar begitu rapi. Di tata dalam balutan beton yang dicat warna warni serta dipasangi bola bola penuh warna. Bola bola beton ini dilukis dengan ragam tema seperti gambar bunga , hati hingga ikon motion milenial. Konsepnya benar-benar mengusung semangat kekinian. Bola-bola ini dikenal dengan nama bollard, yang fungsi utamanya sebagai pembatas antara jalan dan trotoar, sehingga menunjang keamanan dan kenyamanan pejalan kaki. Di sejumlah daerah, bollard berbentuk bola ini juga menjadi komponen dekorasi penunjang tata kota dengan desain beragam. Bollard sendiri tidak melulu berbentuk bola. Umum pula ditemukan stand bollard, yang berbentuk tiang. Apapun bentuknya, prinsip utama penerapan bollard adalah jarak antar bollard harus mampu dilewati pejalan kaki namun tetap dapat menghalangi kendaraan masuk ke trotoar. Pastinya proyek trotoar dan bollard yang dibangun kementrian Pekerjaan Umum dan PURR ini turut memperindah wajah kota lulo, khususnya di sepanjang bypass teluk kendari.

  10. Lokasi terakhir adalah mall dan pusat perbelanjaan untuk sekedar cuci mata dengan melihat-lihat barang seperti baju, celana dapat menghabiskan waktu bersama keluarga. Di kendari terdapat sejumlah pusat perbelanjaan, seperti Lippo Plaza, Matahari Plasa dan juga pusat pasar modern Mandonga.

Selamat ngabuburit bersama keluarga tercinta.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!