Bangun NegeriEkonomi & Bisnis

Hasil Evaluasi BPKP Sultra, Kinerja Perusda Konsel Dapat Nilai Baik

×

Hasil Evaluasi BPKP Sultra, Kinerja Perusda Konsel Dapat Nilai Baik

Sebarkan artikel ini

 

Direktur Utama Perusda Konawe Selatan saat menerima penghargaan sebagai BUMD aneka usaha berkinerja baik dari Perwakilan BPKP Sulawesi Tenggara. Dokumentasi foto: Perusda Konsel

Konsel, suarakendari.com– Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Perusahaan Daerah Konawe Selatan sebagai satu satunya Badan Usaha Milik Daerah Aneka Usaha di Sulawesi Tenggara yang memiliki kinerja baik. Hal ini terungkap dari evaluasi kinerja yang dilakukan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara Bidang Akuntan Publik berdasarkan surat nomor : PE.09.03/LHP-633/PW.20/4/2022 tertanggal 14 Oktober 2022. Dimana laporan keuangan Perusda Konsel hasil audited dengan opini (WTP) dan capaian nilai kinerja memperoleh kategori baik. Indikatornya, optimal pada aspek keuangan, aspek operasional, aspek pelanggan SDM dan aspek administrasi.

Kepala BPKP Sultra , Wahyu Harsono, Perusda Konsel merupakan satu satunya BUMD aneka usaha di Sulawesi Tenggara dengan kinerja baik.

Berdasarkan informasi yang dirilis website resmi Kominfo BPKP Sultra, evaluasi kinerja Perusahaan Daerah Konawe Selatan ini dilakukan mengingat selama ini Perusda Konsel mempunyai salah satu usaha, yaitu jasa dukungan bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Jasa tersebut antara lain jasa tenaga kerja, kebersihan, pemeliharaan pelabuhan, penyediaan air bersih, dsb.

Kegiatan evaluasi dimulai pada hari Senin (26/9/2022) lalu, dilakukan entry meeting bersama Direktur Utama Perusahaan Daerah Konawe Selatan Arief Rachman. Tim BPKP juga melakukan kunjungan lapangan pada lokasi usaha mitra Perusahaan Daerah Konawe Selatan yang terletak di Kecamatan Tinanggea, Konawe Selatan. Evaluasi BUMD meliputi penilaian kinerja, penilaian tingkat kesehatan, dan penilaian pelayanan.

Menanggapi hasil evaluasi BPKP Sulawesi Tenggara, Arief Rachman, SE, ME, Direktur Utama Perusda. mengaku bangga dan berjanji akan terus melakukan perbaikan lagi. “Alhamdulillah, Perusda Konsel mendapat penilaian baik dari BPKP Siltra. Namun Kami masih akan melakukan perbaikan-perbaikan lagi jika inigin penilaian lebih baik lagi,”demikian Arief Rachman, SE, ME, Direktur Utama Perusda.

Arief Rahman mengungkapkan dengan adanya evaluasi ini, BPKP dapat memberikan rekomendasi perbaikan kepada Perusda serta Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kinerja dan akuntabilitas perusahaan daerah.

Sementara, Manajer Keuangan Perusda Konsel, Ruslin, SE,ME, mengatakan perusda memperoleh penilaian baik dari BPKP ini tak lepas dari dukungan semua karyawan bersama direksi dalam menjalankan kinerja perusahaan. Skor penilaian kinerja Perusda Konsel berada di atas poin 75.

Dari hasil evaluasi BPKP kemarin ada beberapa penilaian, pertama aspek keuangan perusda memperoleh predikat full atau kinerja keuangan sangat optimal sekitar 40 persen dengan degradasi 77,50 persen. Sedangkan tiga aspek lainnya seperti, aspek operasional, aspek pelanggan dan aspek Sumber Daya.

Sebelumnya, di tahun 2015 Perusda Konsel pernah mendapat penilaian buruk oleh BPKP Sultra oleh karena kinerja yang buruk, namun seiring pergantian direksi dan pembenahan majemen maka sejak 2016 hingga 2022 kinerja perusda konsel mengalami trend positif dan berhasil mendapatkan penilaian baik dari BPKP Sultra.

“Menariknya, status predikat baik ini baru diraih perusda konsel, yang artinya baru satu-satunya BUMD di Sultra yang meraih penilaian baik,”kata Ruslin. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *