Ekonomi & Bisnis

Geliat Bisnis Perhotelan di Kendari

×

Geliat Bisnis Perhotelan di Kendari

Sebarkan artikel ini

Sejak tahun 2010 dan tahun 2011 para pengamat ekonomi telah memprediksi, jika bisnis hotel di Kota Kendari akan tumbuh subur, seiring maraknya bisnis pertambangan di daerah ini. Prediksi yang tak meleset, karena faktanya, hampir bersamaan hotel-hotel baru mulai bermunculan dengan berbagai type, merek,golongan hotel. Ini tandai dengan berdirinya sejumlah hotel elit di Kendari. Sebutlah, seperti Swissbell Hotel, Horison Hotel dan terakhir Hotel Claro, hotel berbintang yang menjadi hotel terbaik kota ini.

Kondisi ini mengindikasikan membaiknya pertumbuhan ekonomi daerah ini. Keseriusan para pengusaha hotel dibuktikan dengan keberanian menanamkan investasi mereka di daerah ini. Seperti diketahui hampir sebagian besar pengusaha hotel atau pemilik hotel melibatkan pihak perbankan atau investor pada saat pembangunan hotelnya, dan salah satu hal yang pasti diminta pihak perbankan maupun investor sebelum mereka melakukan pendanaan usaha hotel, adalah study kelayakan atau feasibility study usaha hotel tersebut. Hal ini penting mengingat apabila ditinjau dari aspek finansial ternyata usaha tersebut tidak layak maka sangat mungkin tidak ada pihak perbankan maupun investor yang mau mengucurkan dananya.

Pada tahun 2013, menjadi tahun persaingan usaha hotel di Kota Kendari, bahkan persaingan cukup ketat.

Berdasarkan hasil kajian strategis, prospek usaha hotel di Kendari menemukan fakta, bahwa, rata – rata tingkat hunian kamar hotel di kota ini cukup tinggi yaitu diatas 70% per tahun. Profitabilitas usaha hotel dipandang sebagai sebuah prospek memenuhi kelayakan finansial usaha sehingga para pengusaha hotel memutuskan untuk tetap berinvestasi.Para pebisnis juga telah melakukan kajian strategis terlebih dahulu sehingga keputusan untuk berbisnis hotel tidak akan sia-sia dan kerugian besar dapat dihindari.

Prediksi jika beberapa tahun ke depan pertumbuhan hotel yang ada di Sultra semakin berkembang, tampaknya benar adanya, terbukti dengan hadirnya Hotel Claro yang memiliki 258 kamar, tentu hadirnya hotel ini telahmemberikan pengaruh bagi hotel-hotel yang lain.

Kemudahan Berinvestasi

GELIAT investasi perhotelan di Kota Kendari kian menunjukkan peningkatan yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan pengajuan izin pembangunan sejumlah hotel baru oleh investor. Bahkan, untuk menarik investor menanamkan modalnya di sektor perhotelan ini, pemerintah Kota Kendari mengeluarkan paket kebijakan dengan memberi kemudahan bagi para investor yang akan menanamkan modalnya.

Pemerintah nampak telah memikirkan secara matang dampak dari investasi ini, dimana ikut terbukanya lapangan pekerjaan baru. Terbukanya kran investasi perhotelan, misalnya, telah ikut menyeret membuka kesempatan pada tenaga kerja lokal, khususnya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan perhotelan dan tata boga.

Kendati dia memberikan kemudahan bagi investor untuk berinvestasi membangun hotel, namun bukan berarti para investor mengabaikan aturan-aturan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Secara tegas, Pemkot meminta kepada para investor untuk mentaati proses perizinan sesuai prosedur. “Saya minta proses melalui prosedur yang benar karena ketika tidak melalui proses prosedur yang benar, pasti saya hentikan pembangunannya tanpa memandang siapapun dia,” tegas Asrun, Walikota Kendari.

Dengan tersedianya hotel-hotel berbintang di Kota Kendari, akan menjadikan kota ini berpotensi menjadi tuan rumah untuk even-even besar baik tingkat nasional maupun internasional. “Sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga ikut meningkat dan akan banyak tenaga kerja yang terserap khususnya bagi warga Kota Kendari,” pungkasnya.

Selain bisnis perhotelan, pemerintah juga membuka seluas-luasnya kran investasi untuk real estate. Sejak tahun 2011 kawasan elit mulai bermunculan sebutlah kawasan Citra Land di kawasan Andonohu, demi memenuhi hasrat kaum borjuis, pengelola Citra Land membuka ratusan unit bangunan mewah lengkap dengan pusat perbelanjaan, demikian pula perumahan elit Baruga Residance, Kemaraya Residance, Palm Mas dan sejumlah hunian mewah yang dilengkapi dengan waterboom. Untuk investasi bisnis Pembangunan kawasan-kawasan elit ini tidak lagi menunggu lama, seperti tahun tahun sebelumnya, namun hanya dalam hitungan bulan. SK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *