Ekonomi & Bisnis

Geliat Bisnis Ikan Teri di Konsel, Suplai Hingga ke Batam

×

Geliat Bisnis Ikan Teri di Konsel, Suplai Hingga ke Batam

Sebarkan artikel ini

Kendari, Suarakendari.com-Salah satu komoditi unggulan Sulawesi Tenggara ada pada sektor perikanan, diantaranya adalah ikan teri atau ikan iblis. Setiap tahunnya, daerah ini mampu menghasilkan hingga 22.689 ton pertahun sesuai data Departemen Kelautan Dan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap. Terbukti, Kelurahan Lapuko,, Kecamatan Moramo,  salah satu daerah kecil yang terletak di Kabupaten Konawe Selatan, yang sebagian besar  masyarakatnya menggantungkan hidupnya pada laut, mampu menyuplai ikan teri ke daerah Batam hingga 3 ton per bulannya.

Muhammad Arif (56), nelayan tambak di daerah Lapuko, mengatakan, rata-rata hasil tangkapan nelayan di lokasi ini, mampu mencapai 5 ton per bulannya. Meski begitu, hal tersebut sangat dipengaruhi juga dengan musim. “Untuk di bulan Juli hingga Desember, hasil tangkapan ikan teri bisa mencapai hingga 5 ton per bulan, namun untuk di bulan Januari hingga Juni, hasil tangkapan ikan teri menurun bahkan sampai 2 ton saja dalam satu bulan,” ungkapnya.

Dari empat bagang yang dimilikinya juga, lanjutnya lagi, hasil tangkapannya bisa mencapai tiga karung perhari atau setara dengan 80 kilo gram dalam kondisi kering. “Untuk harga, pengepul biasa  mengambilnya dengan harga Rp 45.000 per kilo gram. Jika keringnya masih kurang bagus, biasanya dia (pengepul,red) hanya membelinya dengan harga Rp 25.000 saja,” jelas lelaki paruh baya yang memulai karirnya dibidang perikanan sejak tahun 1972 lampau.

Karena kegiatan para nelayan di Kelurahan Lapuko sama sekali belum ada campur tangan dari pemerintah setempat, ayah lima anak ini berharap, masyarakat bisa diberikan bantuan seperti kredit mikro, agar hasil tangkapan bisa ditingkatkan serta memiliki nilai jual yang tinggi pula. Pasalnya, harga beli dari nelayan dan setelah dilepas di pasar seperti Batam itu jauh berbeda. Sehingga, memberikan keuntungan tersendiri bagi para pengepul. (SK)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *