Pemilu 2024

Ganjar Sarankan UMKM di Kendari Masuk E-Katalog Lokal Biar Bisa Naik Kelas

×

Ganjar Sarankan UMKM di Kendari Masuk E-Katalog Lokal Biar Bisa Naik Kelas

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com – Calon presiden Ganjar Pranowo menyapa para pelaku Usaha Mikro Kecil Menegag (UMKM) di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Minggu (3/12/2023) malam.

Kegiatan itu digelar di Warung Kopi Hani Anto II, Jalan Buburanda, Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu.

Dalam kesempatan itu calon presiden bernomor urut 3 mendengarkan langsung keluhan serta memberikan motivasi para pelaku UMKM terkait strategi agar usaha yang dijalani bisa terus berjalan maju dan berkembang.

Salah satu pengusaha nasi bakar menayakan terkait langkah stategi yang harus diambi seorang pengusaha agar bisa naik kelas dan terus berkembang.

“Saya mau menanyakan bagaimana cara biat para UMKM bisa naik kelas,” tanyanya.

Merespon hal ini Ganjar menyampaikan yang perlu dilakukan adalah harus memiliki komoditas yang bisa dipasarkan ke masyarakat.

Kemudian melakukan kerja sama dengan pihak pemerintah untuk bisa mendapatkan ruang dalam mengembangkan usaha yang dimiliki.

“Melakukan kerja sama dengan pemerintah. Bisa mendapatkan akses pelatihan, akses modal, akses pendampingan, sehingga mereka bisa terukur,” katanya.

Terakhir, ia menyarankan kepada para pelaku usaha agar bisa memanfaatkan tekhnologi seperti memasukkan usaha ke dalam E- Katalog lokal.

Sebab dari 40 persen dari Anggaran Pendapatan Badan Daerah (APBD) mendorong para UMKM agar bisa belajar untuk mengembangkan usahanya.

“Dan satu lagi tadi pesan, masuklah ke E-Katalog lokal. Itulah yang akan meningkatkan penjualan. Di mana 40 persen dari APBD didorong untuk bisa belajar berUMKM,” pungkasnya. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *