Bangun Negeri

Capai Level Aman 2,48 Persen, Kota Baubau Keluar dari Jurang Inflasi

×

Capai Level Aman 2,48 Persen, Kota Baubau Keluar dari Jurang Inflasi

Sebarkan artikel ini

Baubau, suarakendari.com-–Kerja keras Pj. Wali Kota Baubau Dr. Muh. Rasman Manafi, SP., M.Si dan jajarannya dalam mengendalikan harga di pasaran dan kesediaan bahan pokok strategis kini berdampak pada kestabilan perekonomian daerah dan membuahkan hasil. Inflasi di dua bulan terakhir tahun 2023, yakni November dan Desember terus menunjukkan kestabilan dan membaik.

Bulan Desember 2023, data inflasi yang dirilis Badan Pusat Statistik per 3 Januari 2024, angka Inflasi di Kota Baubau menjauh dari 10 besar nasional, yang menunjukkan kestabilan secara nasional.

Angka Inflasi di Kota Baubau di Bulan Desember 2023, diurai dari Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 117,61 poin sementara di level Nasional sebesar 116,56 poin. Untuk Inflasi perbandingan tahunan (YoY) sebesar 2,48 persen di bawah angka nasional sebesar 2,61 persen, sementara inflasi perbandingan bulanan (MoM) Baubau sebesar 1,01 persen, namun masih di atas angka Nasional sebesar 0,41 persen.

“Alhamdulillah, angka inflasi ini cenderung membaik, karena sudah di bawah angka nasional dan keluar dari 10 besar nasional,” ujar Kabag Ekonomi Setda Kota Baubau, Safrin, ST.Pr. dalam rilis informasinya kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, Kamis hari ini (4/1).

Disebutkan dalam Data BPS, dari 90 Kota Indeks Harga Konsumen (IHK), 5 Kota mengalami deflasi dan 85 Kota masih mengalami inflasi. Deflasi terdalam sebesar -0,67% diperoleh Kota Meulaboh (Aceh), Deflasi terendah sebesar -0,03% oleh Kota Metro (Lampung), untuk Inflasi Tertinggi oleh Kota Ternate sebesar 1,64% dan Inflasi Terendah sebesar 0,02% jatuh ke Kota Bandar Lampung.

Sementara Kota Baubau berada di urutan 30 besar kota-kota di luar Pulau Jawa dan Sumatera. Sementara jika digabung secara nasional, juga menjauh dari kelompok 50 besar.

Meski demikian, pennyumbang inflasi di Kota Baubau secara terinci berasal Ikan Layang/Benggol, Cabai Rawit, Ikan Selar/Ikan Tude, Bawang Merah, Ikan Baronang, Ikan Katamba, Tomat dan Gula Merah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau H. Andi Hamzah Mahmud, S.Sos., M.Si mengapresiasi langkah-langkah strategis Pj. Wali Kota Baubau dalam memantau, mengendalikan harga dan ketersediaan bahan pokok strategis, yang secara riil time terpantau secara akurat langsung dari lapangan setiap hari melalui aplikasi Safikiri.

“hanya Wali Kota Baubau mengingatkan kepada kita semua, agar jajaran Pemkot Baubau tetap mawas dengan pergerakan harga yang setiap waktu bisa berubah, karena pasokan yang juga cenderung tergantung kondisi,” kata Andi Hamzah mengutip arahan Pj Wali Kota Baubau.

Hal lain yang diungkap berkaitan dengan percepatan belanja pemerintah di triwulan pertama, yang dimaksudkan agar dapat mengintervensi perputaran ekonomi di daerah. “Sebab biasanya di bulan-bulan awal setiap tahun, uang yang berputar di daerah masih minim karena belanja pemerintah belum berjalan normal. Ini harus diantisipasi agar tidak berdampak pada terjadinya inflasi, termasuk berpengaruh pada tingkat daya beli masyarakat,” kata Andi Hamzah.

Kadis Kominfo ini juga meminta warga memantau perkembangan harga melalui aplikasi Safikiri (www.safikiri.baubaukota.go.id), karena data setiap hari update di sana berdasarkan laporan harian petugas pemerintah. (Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *