Peristiwa

Buruh Temukan Bom Sisa Perang Dunia II Saat Bekerja

×

Buruh Temukan Bom Sisa Perang Dunia II Saat Bekerja

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com- Sebuah benda diduga bom ditemukan buruh bangunan di Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, pada Selasa (4/4/2023).

Bom jenis mortir, yang diduga sisa Perang Dunia Ke II itu ditemukan dua orang buruh bangunan bernama Agung Gunawan (34 Tahun) dan Aco Maludo (34 Tahun) sekitar pukul 10.45 wita.

“Betul. Ditemukan di Perumahan The Villas Kendari Blok E Nomor 3 Jalan D.I Panjaitan,” kata Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh Eka Fathurrahman.

Kedua buruh itu menemukan bom mortir saat sedang melakukan penggalian tanah untuk memasang pembesian bangunan cakar ayam perumahan pada kedalaman 2 meter.

“Saat sedang menggal, tiba-tiba kedua saksi menemukan benda berupa besi yang diduga bom. Kemudian saksi melaporkan benda temuannya tersebut kepada mandor yang bernama Tolo yang kemudian menyampaikan pada pengawasnya, Salim,” ujar Eka.

Saksi Salim lalu berkordinasi dengan Bhabinkamtibmas Kelurahan Wundudopi Aipda Yosef Dammanto yang kemudian dilaporkan kepada Kapolsek Baruga untuk dilakukan pengamanan TKP.

Sekitar pukul 11.30 wita, Kapolsek Baruga tiba di lokasi penemuan dan langsung mengamankan lokasi penemuan serta menghubungi unit Jibom Den Gegana Sat Brimobda Sultra.

Sekitar Pukul 12.00 wita. Unit Jibom dipimpin oleh Wadanden Gegana AKP I Made Edi tiba di lokasi penemuan bom dan melaksanakan sterilisasi lokasi.

Benda yang diduga bom tersebut kemudian diangkat dari dalam galian pondasi oleh Subden Jibom untuk dilakukan pembersihan dan pengecekan kondisi bom.

Adapun hasil pengecekkan yaitu ukuran nom diameter 20 cm dan panjang 104 cm dalam kondisi aktif. Benda yang ditemukan diduga Bom Curah atau Mortir yang diduga dijatuhkan dari pesawat saat Perang Dunia II yang mengalami gagal ledak.

Berdasarkan koordinasi Wadanden Gegana dengan Kapolsek Baruga memutuskan dilakukan pendisposalan dan memerlukan tempat pendisposalan yang steril dan jauh dari aktivitas masyarakat.

Sekitar pukul 15.20 wita, benda yang diduga bom jenis mortir dibawa ke lokasi pendisposalan di Kelurahan Anggalo Melai, Kecamatan Abeli, Kota Kendari.

Pukul 17.06 wita, benda yang diduga bom jenis mortir telah dimusnahkan oleh Personel Subden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimobda Sultra dalam keadaan aman dan kondusif. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *