Bangun Negeri

Bupati Surunuddin Sebut Peran Apoteker Dorong Peningkatan Derajat Kesehatan

×

Bupati Surunuddin Sebut Peran Apoteker Dorong Peningkatan Derajat Kesehatan

Sebarkan artikel ini

 

Konsel, suarakendari.com- Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga menganggap profesi Apoteker memberikan peran sangat strategis dalam peningkatan derajat kesehatan dan pelayanan.

Hal itu disampaikan Bupati Surunuddin saat membuka Kegiatan Konfercab dan Seminar Kefarmasian di hotel Azizah Syariah yang digelar Maret 2023.

Untuk mendukung itu, kata Surunuddin Pemerintah Daerah telah mendorong dan mengubah status Lima Puskesmas menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dari 25 Puskesmas yang ada dengan tujuan agar pelayanan lebih praktis dan cepat dalam pelayanan.

” Ketika infrastruktur dan SDM di tingkatkan maka  akan terjadi peningkatan pelayanan,” terang bupati konsel dua periode ini.

Olehnya itu, Surunuddin berharap Apoteker di konsel dapat berperan dalam penanganan stunting dimulai dari turun langsung bersama-sama mengedukasi masyarakat, memberikan pemahaman pentingnya gizi.

” Fasilitas pelayanan puskesmas yang yang telah ditingkatkan itu semua sudah disiapkan ruang edukasi terkhusus pada ibu hamil, karena terjadinya stunting diawali dari asupan gizi yang tidak cukup pada ibu hamil,” bebernya.

” Saya ucapkan selamat atas terselenggaranya Kegiatan Konfercab dan Seminar Kefarmasian PC Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Konawe Selatan,” kata Surunuddin saat mengakhiri sambutanya.

Ketua Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IKI) konsel Apt Marioto mengaku bahwa selama pemkab konsel sejak dinakohdai Bapak Surunuddin telah membantu meningkatkan kesejahteraan Apoteker yang ada di konsel, dengan meningkatnya ASN  berjumlah 15 Apoteker dan 1 diantaranya di angkat menjadi ASN P3K.

” Apoteker ini tersebar di seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit, bukan hanya itu Bapak Bupati juga menaikkan jasa insentif Tenaga kontrak Daerah setara dengan gaji pokok ASN Apoteker,” terang.

Selain itu dari 25 Puskesmas dan 1 instalasi farmasi kabupaten pada tahun ini petugas farmasi mendapatkan apresiasi dari auditor BPK RI atas kooperatif dan kelengkapan data persediaan obat yang disajikan, mudah-mudahan Kab. Konawe Selatan pada tahun ini kembali mendapatkan predikat WTP. (Prokompim konsel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *