Pemilu 2024

Bupati Surunuddin Ikuti Simulasi Pemungutan dan Rekapitulasi Suara Pemilu di KPU Konsel

×

Bupati Surunuddin Ikuti Simulasi Pemungutan dan Rekapitulasi Suara Pemilu di KPU Konsel

Sebarkan artikel ini

Konawe Selatan, suarakendari.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus memantapkan persiapan penyelenggaraan pesta demokrasi agar terlaksana dengan sukses pada 14 Februari 2024 mendatang.

Salah satu tahapan dalam mensukseskan pemilihan umum (Pemilu) tersebut dengan diadakannya simulasi pemungutan dan rekapitulasi suara serta penggunaan aplikasi Sirekap di halaman Kantor KPU Konsel, Rabu 24 Januari 2024.

Dalam kegiatan simulasi tersebut ratusan warga memperagakan pelaksanaan pemilu seperti menyalurkan hak pilihnya di TPS dengan pengamanan ketat dari PAM TPS dan kepolisian. Warga yang menyalurkan hak pilih tidak diperkenankan untuk membawa telepon genggam maupun berfoto dalam area TPS.

Pada simulasi tersebut masyarakat menyalurkan hak pilih dengan mencoblos lima surat suara yakni surat suara Presiden dan Wakil Presiden dengan warna surat suara abu-abu, DPD dengan warna surat suara merah, DPR-RI dengan warna surat suara kuning, DPRD Provinsi warna surat suara biru dan DPRD Kabupaten warna surat suara hijau.

Saat membuka kegiatan simulasi, Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga ST MM mengapresiasi KPU Konsel dalam berupaya mensukseskan pemilu mendatang.
Bupati Konsel dua periode mengatakan, kegiatan tersebut sangat penting sehingga kerja-kerja penyelenggara pada proses pemungutan suara tidak terkendala.

“Pesan saya kepada penyelenggara agar tidak mencederai kinerja penyelenggara,” imbuhnya.

Mantan Ketua DPRD Konsel itu mengajak seluruh lapisan masyarakat, penyelenggara, maupun peserta pemilu di Konawe Selatan menjaga ketentraman dan kualitas pelaksanaan pemilu.

“Tugas kita mensukseskan pelaksanaan pemilu sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan. Konawe Selatan adalah daerah yang majemuk dan multi etnis. Mari kita menjaga persatuan dan kesatuan,” ajak Surunuddin.
Sementara itu, Ketua KPU Konsel, Muh Yunan S.Kom mengatakan, simulasi ini merupakan kegiatan simulasi tahap dua yang dilaksanakan KPU Konawe Selatan. (Prokompim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *