Peristiwa

Bupati Koltim Semangati Peserta Orientasi PPPK

×

Bupati Koltim Semangati Peserta Orientasi PPPK

Sebarkan artikel ini

Kolaka Timur, suarakendari.com-Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) melalu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), menggelar pembukaan Orientasi PPPK Tahun Anggaran 2022, di Aula Pemda Koltim, Selasa (12/12/2023).

Kegiatan ini, dibuka Bupati Koltim Abd Azis SH MH, dihadiri juga Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, Kepala BKPSDM Koltim Ruslan SE, asisten, staf ahli dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemda Koltim.

Dalam pembukaan orientasi ini, ada hal unik yang dilakukan bupati sehingga terlihat lebih akrab dengan total peserta 573, yang terdiri dari tenaga kesehatan 206 dan tenaga guru 367. Yakni, usai membuka, ia bersama sekda dan pejabat lainnya, mengajak seluruh peserta keluar ruangan Aula Pemda yang dingin, untuk berjalan kaki mengeliling sejumlah kantor pimpinan OPD ditengah terik matahari.

Tak ayal, keriuhan dan sorak sorai gembira digaungkan seluruh peserta, meski ditengah terik matahari, ratusan peserta orientasi ini sangat semangat berjalan bersama bupati, bahkan mereka berlomba untuk foto bersama bupati, bercerita sambil jalan.

Bupati menyebut, tujuan dirinya mengajak jalan seluruh peserta ini, untuk membakar semangat mereka untuk tidak bosan mengikuti orientasi dan menyampaikan pesan tersirat jika kedepan tantangan dan hambatan yang akan mereka hadapi, tidaklah mudah.

Dalam sambutan pembukaan ini, bupati emnyampaikan jika titik beratnya ASN dan PPPK, bagaimana bisa memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat. Sehingga, bagaimana disetiap pergeseran waktu, kita berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Karena sesungguhkan sebut bupati, bukan kecerdasaan intelektual yang membuat seseorang menjadi sukses, tetap yang penting adalah kecerdasan emosional dan spritual yang nilainya mencapai 85 persen penyumbang kecerdasan, dibanding kecerdasan intelektual yang hanya 15 persen.

”Yang perlu kalian ketahui adalah, kecerdasaan spiritual seperti rasa empati itu jauh lebih penting, kalian harus bisa peka, saya harap kalian harus patuh taat dan loyal terhadap atasan dalam arti yang baik. Apapun yang kalian hadapi, nikmati saja sebagai jalan menuju sukses. Yang tak kalah penting juga jagalah marwah diri sendiri, keluarga dan Pemda Kolaka Timur, karena semua orang punya aib masing-masing hanya Allah masih menutupi itu semua, makanya jangan meludah dipiring sendiri,” pintanya.

Senada dengan bupati, Sekda dalam sambutannya juga menyampaikan, setiap ASN dan PPPK harus mempunyai sikap disiplin, rajin, dan bekerja sesuai aturan kepegawaian, karena aturan kepegawaian saat ini ketat, karena terbukti sudah ada beberapa ASN lingkup Pemda Koltim yang dipecat karena melanggar aturan kepegawaian.

”Laksanakan tugas kalian dimanapun kalian bertugas, nikmati dan kerja saja. Jangan langsung minta yang sesuai keinginan diri sendiri. Mau di Ueesi, Uluiwoi atau di Lambandia, laksanakan tugas itu dengan sabar, iklas, sepenuh hati dan gembira,” pinta sekda.

Yang terpenting lagi harap sekda, setiap ASN atau peserta orientasi PPPK ini wajib per KTP Koltim bagi yang belum berdomisili di Koltim, agar maksimal dalam bekerja. Sebab, waktu mengikuti tes, tidak menutup ruang untuk siapapun dan darimanapun, tapi ketika sudah lulus dan bekerja di Koltim, wajib ber KTP Koltim.

”Kemudian ini juga, jangan langsung cepat minta pindah, nikmatilah kerja di Koltim, bantu proses pembangunan. Berikutnya loyalitas, kita harus tegak lurus dalam arti yang baik,” harapnya. (Sk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *