Humaniora

Berkah Air Bersih Itu Hingga Kini Masih Nikmati Warga

×

Berkah Air Bersih Itu Hingga Kini Masih Nikmati Warga

Sebarkan artikel ini

Anggota DPR RI asal Sulawesi Tenggara, Hugua melakukan kunjungan ke Kabupaten Konawe Utara untuk meninjau daerah penerima proyek air bersih di Desa Puupi, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara.

Kunjungan ini sekaligus nostalgia Hugua bersama warga setelah  19 tahun berpisah pasca pembangunan sarana air bersih di desa itu. Proyek air bersih tersebut merupakan proyek yang digagas Yayasan Bina Insani, dimana kala itu Hugua masih menjadi bagian sekaligus pendiri lembaga tersebut. Dana pembangunan infrastruktur bersumber dari bantuan luar negeri yang difasilitasi oleh yayasan.

Hugua meninjau sarana air bersih di desa puupi, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara. Koleksi foto pribadi Hugua/FB

“Saya ke Konawe Utara beberapa saat lalu, saya meninjau air bersih yang kami bangun 19 Tahun silam, tahun 2003 lalu di Desa Puupi Kec. Sawah, Konawe Utara. Alhamdulillah masayarakat masih menikmati fasilitas ini dengan baik. Terus jaga dan lestarikan,”kata Hugua melalui  video yang diunggahnya di media social Facebook miliknya.

Hugua mengaku bangga dengan penyediaan fasilitas air bersih karena hingga kini masih dijaga dan dirawat warga dengan baik, sehingga ketersediaan air minum tetap ada di daerah itu. Tak hanya itu, Hugua juga memuji kualitas fasilitas pipa air bersih yang dinilainya cukup baik dan masih dapat terpakai hingga saat ini. “Saya kira kualitas bahan yang digunakan juga kualitas sangat baik sehingga masih bertahan hingga kini,”kata Hugua.

Hugua meninjau sarana air bersih di desa puupi, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara. Koleksi foto pribadi Hugua/FB

Air bersih bersumber dari mata air yang terletak di skawasan hutan desa, lalu dialirkan melalui pipa dengan jaraknya lumayan jauh. Debit air cukup melimpah dan kualitasnya pun cukup baik untuk digunakan warga sehari hari.

Kesempatan itu, salah seorang perwakilan warga mengaku, jika saat ini warga sangat membutuhkan sarana tambahan berupa bak penampungan air bersih, agar air yang melimpah tidak terbuang percuma.  “Kami butuh bak penampungan air yang besar biar air tidak terbuang percuma,”kata warga.

Hugua legislator asal Wakatobi sebelumnya adalah mantan aktifis LSM yang malang melintang melakukan kegiatan sosial dan memberikan mendampingan social masyarakat secara swadaya. Lembaga yang ditangani Hugua berfokum pada penyediaan air bersih dan penguatan ekonomi masyarakat pedesaan. Kiprah Hugua di masyarakat membawanya terpilih menjadi Bupati dua periode di tanah kelahirannya di Kepulauan Tukang Besi, Wakatobi. Hugua yang dikenal sebagai Bapak Pariwisata ini melengkapi prestasinya menjadi Legislator Pusat di Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan hingga kini. SK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *