Pariwisata

Ayo Meriahkan Festival Tangkeno ke 10

×

Ayo Meriahkan Festival Tangkeno ke 10

Sebarkan artikel ini

Bombana, suarakendari.com- Pj.Bupati Bombana, Ir. H.Burhanuddin, Msi mengajak masyarakat Sultra untuk memeriahkan ivent tahunan Festival Tangkeno ke 10 yang rencananya akan dihelat di Desa Wisata Tangkeno, Kecamatan Kabaena, Kabupaten Bombana 10-13 Oktober 2022 mendatang.

“Mari kita bersama-sama meriahkan festival tangkeno di desa tabgkeno, negeri di awan,”ajak Burhanuddin.

Festival Tangkeno sendiri merupakan ivent pariwisata kebanggaan pemerintah Kabupaten Bombana , sebab telah masuk dalam salah satu kalender kepariwisataan Kharisma Nusantara Tahun 2022  Kementrian Pariwisata Indonesia yang akan menampilkan keragaman budaya, adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat kabaena.

Selain itu, di festival tangkeno wisatawan akan menyaksikan pesona pulau kabaena yang memiliki keindahan alam pegunungan sehingga dikenal dengan negeri di awan.

Seperti diketahui, pada rangkaian Festival Tangkeno tahun sebelumnya, Bombana menggelar  Pameran Kerajinan dan Pameran Kuliner khas Tokotu’a (Kabaena) yang menghadirkan beraneka macam kerajinan tradisional dan kuliner hasil olahan masyarakat Kabaena.

Kerajinan tangan yang dipamerkan antara lain, anyaman wadah Be’u, Sapeo, Empe (tikar), Kompe (keranjang), Duku (nyiru), anyaman tempat tissue, gantungan kunci, aksesori, hiasan rumah dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan kuliner dan penganan yang lezat dan penuh cita rasa dihadirkan dalam pameran ini diantaranya, nasi bambu (Tinula), Nivuai, Gola Ni’i, Vade, Dodolo, Inonta, Kande-Kande, Kambose,Cucuru, dan beragam masakan olahan hasil laut khas Kabaena.Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *