Pariwisata

400 Pelari Ramaikan Toronipa Beach Run 2022

×

400 Pelari Ramaikan Toronipa Beach Run 2022

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com– Penjabat sementara (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio melepas peserta Toronipa Beach Run 2022 di Desa Tapulaga, Kecamatan Soropia, Sabtu (24 Desember 2022). Kompetisi lari yang melibatkan komunitas pelari serta masyarakat umum ini menetapkan titik finish di Pantai Toronipa dengan jarak tempuh sejauh lima kilometer.

Lomba lari ini diikuti kurang lebih 400 peserta, yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Pelaksanaan lomba berlangsung pada pagi hari sekitar pukul 06.00 Wita.

Dalam sambutannya, Pj Sekda Sultra menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas partisipasi komunitas pelari yang ada di Sultra, termasuk dari kalangan TNI dan Polri, serta masyarakat umum lainnya.

Pj. Sekda mengatakan, event ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan setelah proses pengerjaan Jalan Wisata Kendari-Toronipa selesai. Toronipa Beach Run 2022 merupakan upaya untuk mempromosikan jalan wisata toronipa-kendari sebagai bagian dari kawasan wisata pantai toronipa.

Saat memberikan sambutan usai pelaksanaan lari, Pj. Sekda menyampaikan selamat kepada para juara yang berhasil naik podium dan berhak memperoleh hadiah. Pj. Sekda mengharapkan agar kemampuan mereka dapat lebih ditingkatkan dan dapat mengikuti kejuaraan-kejuaraan lainnya.

“Saya mengucapkan selamat kepada semua peserta yang masuk finish dengan selamat, dengan penuh kebahagiaan, dan terkhusus kepada mereka yang masuk finish pertama putra dan putri masing-masing juara satu, dua, dan tiga akan mendapatkan hadiah dari panitia,” kata Pj. Sekda.

Juara putra dan putri didominasi oleh pelari-pelari yang tergabung dalam komunitas lari yang ada di Sultra. Peserta yang berhasil meraih juara pertama, kedua, dan ketiga masing-masing memperoleh hadiah sebesar Rp 5 juta, Rp 4 juta, dan Rp 3 juta. Hadiah diserahkan langsung oleh Pj Sekda Sultra Asrun Lio.

Selain hadiah untuk para pemenang, Dinas Pariwisata Sultra selaku penyelenggara kegiatan juga mengadakan kompetisi swafoto (selfie competition) bagi peserta lari dengan total hadiah sebesar Rp 5 juta bagi 10 orang pemenang. Puluhan doorprize juga dibagikan kepada peserta.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Sultra Andi Syahrir mengungkapkan, kegiatan Toronipa Beach Run 2022 merupakan langkah awal dalam upaya mempromosikan Jalan Wisata Kendari-Toronipa.

Event Toronipa Beach Run diproyeksikan akan menjadi agenda tahunan yang akan diselenggarakan di Jalan Wisata Kendari-Toronipa. Selain olahraga lari, kegiatan lain yang juga menarik untuk dilaksanakan pada ruas jalan tersebut adalah olahraga bersepeda.

“Pada prinsipnya, upaya promosi Jalan Wisata Kendari-Toronipa tidak terbatas pada satu jenis kegiatan. Pun bukan hanya oleh pemerintah saja. Masyarakat umum yang juga memiliki ide untuk mempromosikan Jalan Wisata Kendari-Toronipa, silakan berkreasi. Pembangunan pariwisata hanya bisa kita sukseskan dengan kolaborasi,” kata Andi Syahrir.

Naskah dan Foto : Biro Adpim Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *