Bangun Negeri

25 Perusahaan Buka Lowongan di Sultra Job Fair 2023

×

25 Perusahaan Buka Lowongan di Sultra Job Fair 2023

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali membuka Sultra Job Fair untuk memfasilitasi perusahaan pencari tenaga kerja dan para calon pekerja, yang di gelar di sebuah pusat perbelanjaan di Kota Kendari, 29 November hingga 1 Desember 2023.

Pada job fair 2023, ada 25 perusahaan yang membuka 1.257 lowongan dan 108 jabatan yaitu pertambangan 7 perusahaan, pembiayaan 6 perusahaan, retails 5 perusahaan, penyedia jasa tenaga kerja 2 perusahaan.

Selanjutnya, perhotelan 1 perusahaan, perkebunan tebu dan pabrik 1 perusahaan, perkebunan kelapa sawit 1 perusahaan, penguji dan pengawasan (lab) 1 perusahaan dan perikanan 1 perusahaan.

Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan berdasarkan dasar hukum yang menjadi acuan di dalam melangkah, ada sekitar 13.466 perusahaan di Sultra. Namun yang membuka lowongan saat ini hanya 25 perusahaan.

“Tentu ini ‘jauh panggang daripada api’. Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada 25 perusahaan yang telah membuka lowongan kerja pada job fair ini,” kata Andap Budhi Revianto.

Kata dia, berdasarkan aturan, setiap perusahaan wajib melaporkan kondisi perusahaannya. Saat ini, perusahaan yang kadaluarsa di Sultra sebanyak 4.260 perusahaan dan yang aktif 3.125 perusahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra, La Ode Muhammad Haswandy mengatakan pelaksanaan kegiatan didasarkan pada undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Serta Permenaker Nomor 39 tahun 2016 tentang penempatan tenaga kerja dan DPA perubahan dinas transmigrasi dan tenaga kerja provinsi Sultra tahun 2023.

Ia menyebut kegiatan itu, untuk memfasilitasi pencari kerja menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat serta keterampilan yang dimiliki.

“Ini juga untuk memfasilitasi perusahaan dalam mendapatkan pekerja yang sesuai dengan kebutuhan. Serta upaya pemerintah untuk mengurangi pengangguran di Sultra,” ucap Haswandy. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *