Ratusan Angler Adu Kemampuan di Festival Bokori

0

SUARAKENDARI.COM, Festival Bokori yang akan berlangsung sejak tanggal 29 Oktober hingga 1 November 2015 mendatang akan dimeriahkan oleh beberapa lomba. Salah satunya lomba memancing.

Penanggung Jawab Bokori Fun Fishing yang merupakan bagian dari kegiatan Festival Bokori, Dedy Kurniawan mengatakan bahwa dalam festival bokori tersebut akan diikuti pula oleh 213 angler (pemancing, red) yang akan ikut beradu kemampuan dalam hal memancing.

“Untuk lomba festival bokori ini total pemancing kita sebanyak 213 yang berasal dari 71 tim. Pemancing kita ini berasal dari Kota Kendari, BauBau, Kolaka, Kolaka Utara dan Muna. Tidak hanya dalam Sultra saja, ttapi juga puluhan pemancing dari luar kota antara lain, Surabaya, Jakarta, Palu, Mamuju, Balikpapan, Cirebon, Manado dan para pemancing dari sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan seperti Makassar, Kabupaten Bone, Kabupaten Wajo dan Kabupaten Selayar, ” terangnya, Kamis (29/10/2015).

“Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pemancing asal Sulawesi Tenggara. Karena mereka akan mengadu kemampuan dan peruntungan dengan para pemancing yang berasal dari provinsi lain,” lanjut Dedy yang juga Koordinator Divisi Program, Kampanye Wisata dan Lingkungan Tim Kendari Fishing Adventure (KFA).

Namun sejatinya, kata Dedy, kegiatan Bokori Fun Fishing ini lebih diprioritaskan untuk mempromosikan potensi wisata mancing yang ada di Sulawesi Tenggara. Dengan luas perairan yang melebihi luas daratan, Sulawesi Tenggara memiliki banyak spot pemancingan yang layak untuk dijadikan lokasi wisata mancing.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sulawesi Tenggara, Zainal Koedoes mengatakan jika para angler itu nantinya akan bergabung bersama puluhan peserta lomba fotografi, lomba karya tulis jurnalistik dan ratusan peserta kompetisi bola volley pantai yang merupakan spesial event.

“Jadi seperti yang sudah pernah saya sampaikan, dalam Festival Bokori ini ada sejumlah kegiatan. Selain lomba mancing, juga ada lomba fotografi da lomba karya tulis jurnalistik. Sementara untuk kompetisi bola volley pantai merupakan kegiatan yang b erstatus special event,” kata Zainal.

Diharapkannya selain Gubernur Sultra, Nur Alam, kegiataan Festival Bokori terutama untuk acara pembukaan juga akan dihadiri pihak Kementrian Pariwisata.

“Dari hasil komunikasi kami, ada sejumlah pejabat Kementrian Pariwisata setingkat Deputi menyatakan diri siap untuk menghadiri Festival Bokori,” kata Zainal. (Lina)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.