Puncak Tiriondahi di Hutan Wolasi Layak Menjadi Obyek Wisata

0

Suarakendari.com-Pegunungan Wolasi memiliki daya tarik tersendiri, selain karena kawasan hutan yang masih terjaga, juga memiliki panorama alam yang layak dikembangkan menjadi obyek wisata alam. Salah satu sudut yang layak dikembangkan adalah Puncak Tiriondahi yang berada di wilayah administrasi Desa Tanea, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan.

Karena posisinya berada di ketinggian di puncak Tiriondahi kita dapat menyaksikan lokasi persawahan, pemukiman penduduk bahkan teluk Kendari di kejauhan. Dan pada waktu-waktu tertentu, kabut tebal akan terlihat menutupi seluruh kawasan yang berada di bawah, sehingga terasa seperti berada di atas awan.

Karena potensi inilah, Pemerintah Desa Tanea berencana mengembangkan menjadi destinasi wisata alam. “Kami berencana mengembangkan area wisata di kawasan ini, salah satunya adalah puncak Tiriondahi,”demikian Kepala Desa Tanea.

Wilayah pengembangan obyek wisata Tiriondahi sendiri berada di kawasan hutan lindung wolasi, untuk itu Pemerintah Desa Tanea bekerja sama dengan pihak kehutanan selaku pemangku kawasan hutan. “Sejauh ini pihak kehutanan telah memberikan respon positif tentang pengembangan kawasan wisata di kawasan hutan wolasi, terutama soal perijinan pinjam pakai kawasan,”ungkap kades Tanea. DI wilayah administrasi Desa Tanea, sejumlah obyek wisata juga akan mudah ditemukan, diantaranya kawasan pemancingan air tawar dan obyek wisata bukit kaca. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.