Polisi Buka Pelayanan SIM Lewat Sistem Online

0

Suarakendari.com-Demi memudahkan pelayanan pada masyarakat,   Kepolisian RI terus melakukan inovasi. Salah satunya dengan membuat terobosan SIM Online. Inovasi ini akan leih memudahkan masyarakat khususnya para pengguna kendaraan bermotor yang  tak perlu lagi pergi ke kota asalnya untuk memperpanjang surat izin mengemudi. Prosedur perpanjangan bisa dilakukan lewat online mulai berlaku hari ini Minggu, 27 September 2015.

“Jadi nanti tidak perlu jauh-jauh mengurusnya. Yang Papua enggak usah ke Papua, cukup di Jakarta misal dia di Jakarta,” ujar Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian dalam acara soft launching SIM online di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu, 27 September. Menurut dia, hal tersebut merupakan inovasi dari Korlantas untuk memudahkan warga dan juga mengurangi praktek calo SIM.

Warga yang akan memperpanjang SIM harus datang ke kantor polisi yang sudah terdaftar untuk menyerahkan persyaratan. Sedangkan untuk pendaftaran bisa dilakukan secara online. Persyaratan perpanjangan adalah KTP serta SIM lama. Sayangnya  kantor polisi yang terintegrasi dengan sistem ini adalah semua kepolisian resor di Jakarta dan kepolisian daerah di ibu kota daerah.

Sistem terintegrasi online ini berlaku untuk perpanjangan SIM serta peningkatan SIM A dan C. Biaya yang dipungut pun sama dengan biaya perpanjangan SIM biasa. “Biayanya Rp 75-80 ribu,” ujar Kepala Subdirektorat Regident Direktorat Lalu lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Maulana Hamdan.

Selain lewat kantor polisi, perpanjangan juga bisa dilakukan lewat pelayanan perpanjangan SIM keliling. Jenis perpanjangan ini sayangnya hanya bisa dilakukan saat Car Free Day. Mobil pelayanan SIM keliling akan tersedia di sana. Tentunya masyarakat sangat menanti pemberlakuan penaftaran sistem online, tak terkecuali warga di Sultra. SK, Tempo

Leave A Reply

Your email address will not be published.